Selamat Membaca. Semoga dapat membantu Anda dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti kita harus semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan”.

Minggu, 27 Januari 2013

RPP Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik

Rochimudin | Minggu, 27 Januari 2013 | 18.24 |
Bagian dari RPP Hubungan Internasional untuk Pertemuan ke 5 dan 6


Obama & Medvedev: Traktat Pragua 2010
(dok: wikipedia.org)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)
Nama Sekolah             :    SMA Negeri 5 Semarang
Kelas / Semester         :    XI IPA-IPS / 2
Mata Pelajaran            :    Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu            :    4 X 45 menit (Pertemuan 5 & 6)
 A.      Standar Kompetensi       :  
4. Menganalisis hubungan internasional
 B.       Kompetensi Dasar          :  
4.3 Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik

 C.     Indikator Pencapaian Kompetensi:
Pertemuan 1:
o  Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o  Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
Pertemuan 2:
o  Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o  Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik

D.      Tujuan Pembelajaran   
Melalui diskusi peserta didik dapat:
Pertemuan 1:
o  Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o  Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
Pertemuan 2:
o  Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o  Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik

 E.      Materi Pembelajaran    
Pertemuan 1:
o  pengertian perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o  tugas perwakilan  diplomatik dan perwakilan konsuler
o  perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
 Pertemuan 2:
o  tingkatan perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o  fungsi perwakilan diplomatik

F.       Model/pendekatan/metode pembelajaran
·  Inkuiri
·  Diskusi
·  Tanya Jawab
Model Pembelajaran yang digunakan adalah studi komparasi.

G.  Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama (2 X 45’)
      No
Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
a. Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran dengan: mengabsen siswa, dan memeriksa kebersihan kelas.
b.  Guru menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
c.   Siswa menjawab pertanyaan dari guru se- cara lisan tentang perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler.
Motivasi:
a.  Menginformasikan KD dan tujuan pem- belajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b.   Siswa memperhatikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan dengan model studi komparasi.
Disiplin
15’
2
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
 a.  Guru menjelaskan konsep materi tentang perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler.
b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar perwakilan negara di luar negeri.
c. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang perwakilan negara di luar negeri.
d. Siswa membuat perbandingan antara perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler sesuai dengan tabel yang telah disiapkan dalam buku halaman 118.
e.  Siswa mendiskusikan salah satu konflik dalam hubungan internasional yang melibatkan dua negara kaitannya dengan posisi perwakilan konsuler.

Elaborasi:
a. Guru memimpin pleno diskusi, tiap ke- lompok mengungkapkan hasil diskusinya.
b. Kemudian guru mengarahkan pembica- raan pada pokok pembahasan atau pembicaraan dan menambah materi yang belum dibahas melalui slide presentasi.

Konfirmasi:
a.  Dari simpulan jawaban dicatat di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
b. Guru memberi perbandingan sesuai dgn konsep yang telah disediakan.
c. Siswa dapat bertanya tentang materi apabila belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
d.  Memberi motivasi kepada siswa atau ke- lompok yang belum berpartisipasi aktif.
d.   Siswa dengan dibimbing oleh guru mem- buat simpulan tentang perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler.
Disiplin, Berpikir kritis, inovatif dan Cinta tanah air
65’


(25’)

















(35’)











(10’)


3
Penutup:
a.  Siswa dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler.
b.  Siswa melakukan refleksi manfaat mempelajari tentang perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler.
c.  Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
Disiplin, Berpikir kritis, inovatif dan Cinta tanah air
5’
Jumlah keseluruhan waktu
90’

Pertemuan Kedua (2 X 45’)
      No
Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
o Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran dengan: mengabsen siswa, dan memeriksa kebersihan kelas.
o  Guru menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
o Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan tentang fungsi perwakilan diplomatik

Motivasi:
a.  Menginformasikan KD dan tujuan pem-  belajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b.    Siswa memperhatikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan dengan model diskusi kasus.
Disiplin
15’
2
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a.  Guru menjelaskan konsep materi tentang fungsi perwakilan diplomatik
b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru seputar perwakilan negara di luar negeri.
c. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang perwakilan negara di luar negeri.
d. Siswa mendiskusikan peran jabatan per- wakilan diplomatik dan konsuler.
e.  Siswa (anggota kelompok) membaca buku dan mencari informasi tentang jabatan perwakilan diplomatik dan konsuler.

Elaborasi:
a. Masing-masing ketua kelompok atau melalui juru bicaranya menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya.
b. Kemudian guru mengarahkan pembica- raan pada pokok pembahasan atau pembicaraan dan menambah materi yang belum dibahas melalui slide presentasi.

Konfirmasi:
a.  Dari simpulan jawaban dicatat di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
b.   Guru memberi perbandingan sesuai degan konsep yang telah disediakan.
c.  Siswa dapat bertanya tentang materi apa- bila belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
d.   Memberi motivasi kepada siswa atau ke- lompok yang belum berpartisipasi aktif.
e.   Siswa dengan dibimbing oleh guru mem- buat simpulan.

Disiplin, Cinta tanah air dan Tanggung jawab
65’


(25’)















(35’)









(10’)


3
Penutup:
a.  Siswa dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang fungsi perwakilan diplomatik
b.  Siswa melakukan refleksi manfaat mempelajari tentang fungsi perwakilan diplomatik
c.  Membuat rencana aksi partisipasi menanggulangi laju pemanasan global di sekolah.
d.  Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
Disiplin, Cinta tanah air dan Tanggung jawab
5’
Jumlah keseluruhan waktu
90’

H.      Sumber dan Alat Pembelajaran
Sumber:
a.    Tim Penulis. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: Pemkot Semarang.
b.     Chotip, dkk. 2007. Kewarganegaraan 2 Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Yudhistira.
c.      Tim Penyusun. 2012. LKS Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: MGMP.
f.      http://www.youtube.com

Alat Pembelajaran:
1.       Komputer
2.       LCD
3.       Lembar Kerja Siswa

I.        Penilaian
Pertemuan 1:

No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.




2.

Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
·     Unjuk Kerja

·     Penilaian Sikap

·     Pilihan (Observasi)

·     Pilihan (Observasi)

·     Lampiran 1

·     Lampiran 2

Pertemuan 2:
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.



2.


Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
·     Unjuk Kerja
·     Penilaian Sikap
·     Tertulis

·     Pilihan (Observasi)
·     Pilihan (Observasi)
·     Pilihan Ganda
·     Lampiran 1
·     Lampiran 2


Mengetahui,                                                               Semarang, 2 Januari 2013
Kepala SMA Negeri 5 Semarang                                 Mata Pelajaran


 
Drs. Waino S, S.Pd, M.Pd.                                           Rochimudin, S.Pd
NIP.  19550701 198703 1 003                                      NIP. 19760121 200701 1 015

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel RPP Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//