![]() |
Obama & Medvedev: Traktat Pragua 2010 (dok: wikipedia.org) |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Semarang
Kelas / Semester : XI
IPA-IPS / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit (Pertemuan 5 & 6)
A.
Standar Kompetensi :
4. Menganalisis hubungan internasional
B.
Kompetensi Dasar :
4.3 Menganalisis
fungsi perwakilan diplomatik
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
Pertemuan 1:
o Mendeskripsikan pengertian
perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatik dengan
perwakilan konsuler
Pertemuan
2:
o Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi peserta didik dapat:
Pertemuan 1:
o Mendeskripsikan pengertian
perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatik dengan
perwakilan konsuler
Pertemuan
2:
o Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
E.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1:
o pengertian perwakilan
diplomatik dan perwakilan konsuler
o tugas perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
Pertemuan
2:
o tingkatan perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
o fungsi perwakilan diplomatik
F.
Model/pendekatan/metode pembelajaran
·
Inkuiri
·
Diskusi
·
Tanya Jawab
Model Pembelajaran yang digunakan adalah studi komparasi.
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama (2 X 45’)
No
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
a. Guru
mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran dengan: mengabsen siswa, dan
memeriksa kebersihan kelas.
b. Guru
menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
c.
Siswa
menjawab pertanyaan dari guru se- cara lisan tentang perwakilan
diplomatik dan perwakilan konsuler.
Motivasi:
a. Menginformasikan
KD dan tujuan pem- belajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b.
Siswa
memperhatikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan dengan model studi komparasi.
|
Disiplin
|
15’
|
2
|
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a. Guru menjelaskan konsep materi tentang perwakilan diplomatik dan
perwakilan konsuler.
b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang
diajukan guru seputar perwakilan negara di luar negeri.
c. Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang perwakilan negara di luar negeri.
d. Siswa membuat perbandingan antara
perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler sesuai dengan tabel yang telah
disiapkan dalam buku halaman 118.
e. Siswa mendiskusikan salah satu konflik
dalam hubungan internasional yang melibatkan dua negara kaitannya dengan posisi perwakilan konsuler.
Elaborasi:
a. Guru memimpin pleno diskusi, tiap ke- lompok
mengungkapkan hasil diskusinya.
b. Kemudian guru mengarahkan pembica- raan pada pokok
pembahasan atau pembicaraan dan menambah materi yang belum dibahas melalui slide presentasi.
Konfirmasi:
a. Dari simpulan jawaban dicatat
di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
b. Guru memberi perbandingan
sesuai dgn konsep yang telah disediakan.
c. Siswa dapat bertanya tentang materi apabila
belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
d. Memberi motivasi kepada
siswa atau ke- lompok yang belum berpartisipasi aktif.
d.
Siswa
dengan dibimbing oleh guru mem- buat simpulan tentang perwakilan
diplomatik dan perwakilan konsuler.
|
Disiplin, Berpikir kritis, inovatif dan Cinta tanah air
|
65’
(25’)
(35’)
(10’)
|
3
|
Penutup:
a. Siswa
dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang perwakilan
diplomatik dan perwakilan konsuler.
b. Siswa
melakukan refleksi manfaat mempelajari tentang perwakilan
diplomatik dan perwakilan konsuler.
c.
Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
|
Disiplin, Berpikir kritis, inovatif dan Cinta tanah air
|
5’
|
Jumlah keseluruhan waktu
|
90’
|
Pertemuan
Kedua (2 X 45’)
No
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
o Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran
dengan: mengabsen siswa, dan memeriksa kebersihan kelas.
o Guru menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
o Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan
tentang fungsi perwakilan diplomatik
Motivasi:
a. Menginformasikan
KD dan tujuan pem- belajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b. Siswa memperhatikan cakupan materi dan
penjelasan uraian kegiatan dengan model diskusi
kasus.
|
Disiplin
|
15’
|
2
|
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a. Guru menjelaskan konsep
materi tentang fungsi perwakilan diplomatik
b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang
diajukan guru seputar perwakilan negara di luar negeri.
c. Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang perwakilan negara di luar negeri.
d. Siswa mendiskusikan peran jabatan per- wakilan diplomatik dan
konsuler.
e. Siswa (anggota kelompok) membaca buku dan mencari informasi
tentang jabatan perwakilan
diplomatik dan konsuler.
Elaborasi:
a. Masing-masing ketua kelompok atau melalui juru bicaranya
menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya.
b. Kemudian guru mengarahkan pembica- raan pada pokok
pembahasan atau pembicaraan dan menambah materi yang belum dibahas melalui slide presentasi.
Konfirmasi:
a. Dari simpulan jawaban dicatat
di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
b.
Guru memberi perbandingan
sesuai degan konsep yang telah disediakan.
c. Siswa dapat bertanya tentang materi apa- bila
belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
d. Memberi motivasi kepada
siswa atau ke- lompok yang belum berpartisipasi aktif.
e. Siswa dengan dibimbing oleh guru mem- buat
simpulan.
|
Disiplin, Cinta tanah air dan Tanggung jawab
|
65’
(25’)
(35’)
(10’)
|
3
|
Penutup:
a. Siswa
dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang fungsi
perwakilan diplomatik
b. Siswa
melakukan refleksi manfaat mempelajari tentang fungsi
perwakilan diplomatik
c. Membuat rencana aksi partisipasi menanggulangi laju pemanasan
global di sekolah.
d. Memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran.
|
Disiplin, Cinta tanah air dan Tanggung jawab
|
5’
|
Jumlah keseluruhan waktu
|
90’
|
H. Sumber
dan Alat Pembelajaran
Sumber:
a.
Tim
Penulis. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas XI. Semarang: Pemkot Semarang.
b. Chotip, dkk. 2007. Kewarganegaraan 2 Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Yudhistira.
c. Tim Penyusun. 2012. LKS Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: MGMP.
f. http://www.youtube.com
Alat Pembelajaran:
1. Komputer
2. LCD
3. Lembar Kerja Siswa
I.
Penilaian
Pertemuan 1:
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1.
2.
|
Mendeskripsikan pengertian
perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatik dengan
perwakilan konsuler
|
·
Unjuk Kerja
·
Penilaian Sikap
|
·
Pilihan
(Observasi)
·
Pilihan
(Observasi)
|
·
Lampiran 1
·
Lampiran 2
|
Pertemuan 2:
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1.
2.
|
Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatik dan perwakilan
konsuler
Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
|
·
Unjuk Kerja
·
Penilaian Sikap
·
Tertulis
|
·
Pilihan
(Observasi)
·
Pilihan
(Observasi)
·
Pilihan
Ganda
|
·
Lampiran 1
·
Lampiran 2
|
Mengetahui, Semarang, 2 Januari 2013
Kepala SMA Negeri 5 Semarang Mata Pelajaran
Drs. Waino S, S.Pd, M.Pd. Rochimudin, S.Pd
NIP. 19550701 198703 1 003 NIP. 19760121 200701 1 015
Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel RPP Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
Semoga bermanfaat.
Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini.
Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar