Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Friday, 21 December 2012

Soal UAS XI: Keadilan di Bidang Politik

Rochimudin | Friday, 21 December 2012 | 00:49 |
Soal Uraian No. 4 UAS Smt. 1 Kelas XI 2012/2013
Sebutkan 3 usaha pemerintah dalam menciptakan jaminan keadilan di bidang politik dalam kehidupan bermasyarakat!
Jawaban:
  1. Menyelenggarakan pemilu secara berkualitas dan transparan
  2. Meningkatkan kemandirian partai-partai politik
  3. Melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif berorientasi pada kepentingan nasional


Penjelasan:

Pemilu secara berkualitas dan transparan
(dok:together-id.blogspot.com)
Hanya penyelenggara yang memiliki integritas baik yang bisa melahirkan pemilu berintegritas. Ini pula yang menentukan apakah pemilu yang diselenggarakan berkualitas atau tidak.
Jadi faktor utama keberhasilan pemilu itu ada pada penyelenggara pemilu, kemudian peserta itu sendiri. Kalau penyelenggara sudah tidak memiliki integritas, sudah pasti pemilu yang dihasilkan juga tidak berintegritas, tidak berkualitas. Akhirnya pemimpin yang lahir pun bukan pemimpin yang menjadi harapan masyarakat banyak.

(http://www.blog.binder724studio.com)
Kemandirian partai-partai politik
Peran partai politik telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi sistem perpolitikan nasional, terutama dalam kehidupan masyarakat Indonesia yang dinamis dan sedang berubah. Jika kapasitas, kinerja partai politik dan kemandirian dapat ditingkatkan, maka hal ini akan berpengaruh besar terhadap peningkatan kualitas demokrasi dan kinerja sistem politik. Oleh karena itu, peran partai politik perlu ditingkatkan kapasitas, kualitas, dan kinerjanya agar dapat mewujudkan aspirasi dan kehendak rakyat dan meningkatkan kualitas demokrasi. 

Melaksanakan politik luar negeri yang bebas aktif berorientasi pada kepentingan nasional
(dok:gambar-bendera.blogspot.com)
Politik luar negeri adalah wawasan internasional. Oleh karena itu, politik luar negeri cenderung bersifat tetap, politik luar negeri juga dapat diartikan sebagai pola perilaku, dan kebijakan suatu negara berhubungan dengan negara lain ataupun dunia internasional. 
Politik luar negeri adalah strategi dan taktik yang digunakan oleh suatu negara dalam berhubungan dengan negara lain. Bangsa Indonesia dalam membina hubungan dengan negara lain menerapkan prinsip-prinsip politik luar negeri yang bebas aktif. Politik luar negeri diabdikan bagi kepentingan nasional terutama untuk kepentingan pembangunan di segala bidang serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
Bebas dan aktif dalam politik luar negeri dapat diartikan bebas dalam memilih apapun berarti tidak terikat oleh suatu ideologi atau oleh suatu politik negara asing atau oleh blok negara-negara tertentudan aktif dalam berpartisipasi dalam perdamaian dunia.  

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Soal UAS XI: Keadilan di Bidang Politik Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

No comments:

Post a Comment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//