Selamat Membaca. Semoga dapat membantu Anda dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti kita harus semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan”.

Jumat, 25 Januari 2013

RPP Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional

Rochimudin | Jumat, 25 Januari 2013 | 00.25 |


Bagian dari RPP Hubungan Internasional untuk Pertemuan 3 & 4
hubungan internasional (ilustrasi)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

 Nama Sekolah            :    SMA Negeri 5 Semarang
Kelas / Semester         :    XI IPA-IPS / 2
Mata Pelajaran            :    Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu            :    4 X 45 menit (Pertemuan 3 & 4)

A.      Standar Kompetensi       :  
4. Menganalisis hubungan internasional
B.       Kompetensi Dasar          :  
4.2. Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi:
Pertemuan 1:
o  Menjelaskan pengertian dan penggolongan perjanjian perjanjian internasional
o  Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
o  Menjelaskan bahwa tahap-tahap perjanjian internasional harus dilaksanakan   sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi maupun hukum
o  Menjelaskan pengertian ratifikasi dalam proses perjanjian internasional
·    Mengidentifikasi protocol kyoto dalam peranannya mengendalikan laju global warming.
Pertemuan 2:
·    Menjelaskan mulai berlakunya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, sosiologi, ekonomi, maupun hukum.
o  Menjelaskan berakhirnya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi, maupun  hukum
o  Menjelaskan batalnya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi maupun hukum


D.      Tujuan Pembelajaran   
Melalui diskusi peserta didik dapat:
Pertemuan 1:
1.  Menjelaskan pengertian dan penggolongan perjanjian perjanjian internasional
2.  Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
3.  Menjelaskan bahwa tahap-tahap perjanjian internasional harus dilaksanakan   sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi maupun hukum
4.  Menjelaskan pengettian ratifikasi dan proses ratifikasi
5.  Mengidentifikasi protocol kyoto dalam peranannya mengendalikan laju global warming.

Pertemuan 2:
1.  Menjelaskan mulai berlakunya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, sosiologi, ekonomi, maupun hukum.
2.  Menjelaskan berakhirnya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi, maupun  hokum
3.  Menjelaskan batalnya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi maupun hukum

E.      Materi Pembelajaran    
Pertemuan 1:
1.   Pengertian perjanjian internasional
2.   Istilah-istilah perjanjian internasional
3.   Pihak yang berwenang membuat perjanjian  internasional
4.   Tahap-tahap perjanjian internsional
5. Pelaksanaan tahap-tahap perjanjian interansional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi maupun hukum 
6.   Pengertian ratifikasi dan proses ratifikasi
7. Pelaksanaan proses ratifikasi sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, sosiologi, ekonomi maupun hukum
8.   Penggolongan perjanjian internasional.
9.   Protocol Kyoto dan pemanasan global

Pertemuan 2:
1.  Mulai berlakunya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, sosiologi, ekonomi maupun hukum
2. Berakhirnya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, sosiologi, ekonomi maupun  hukum
3.   Batalnya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, sosiologi, ekonomi dan hukum


F.       Model/pendekatan/metode pembelajaran
·  Inkuiri
·  Diskusi
·  Tanya Jawab
Model Pembelajaran yang digunakan adalah think pair and share.

G.  Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama (2 X 45’)
      No
Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
a. Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran dengan: mengabsen siswa, dan memeriksa kebersihan kelas.
b. Guru menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
c.   Siswa menjawab pertanyaan dari guru se- cara lisan tentang contoh dan tahapan pembuatan perjanjian internasional.
Motivasi:
a.  Menginformasikan KD dan tujuan pem- belajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b.   Siswa memperhatikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan dengan model think pair and share.
Disiplin
15’
2
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a.  Guru menjelaskan konsep materi tentang pengertian, tahapan dan proses penyusunan perjanjian internasional.
b. Guru menyampaikan permasalahan ten- tang contoh sikap yang berkaitan dengan adil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
c. Guru menayangkan artikel dan atau video/film tentang global warming.
d.   Setiap diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 6 orang) dan mengemukakan hasil analisis pemikirannya.
e.  Siswa (anggota kelompok) membaca buku dan mencari informasi tentang penggolongan perjanjian internasional dan protocol Kyoto.

Elaborasi:
a.   Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengungkapkan hasil diskusinya.
b. Kemudian guru mengarahkan pembica- raan pada pokok pembahasan atau pembicaraan dan menambah materi yang belum dibahas melalui slide presentasi.

Konfirmasi:
a.  Dari simpulan jawaban dicatat di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
b. Guru memberi perbandingan sesuai dgn konsep yang telah disediakan.
c.   Siswa dapat bertanya tentang materi apa- bila belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
d.   Memberi motivasi kepada siswa atau ke- lompok yang belum berpartisipasi aktif.
d.   Siswa dengan dibimbing oleh guru mem- buat simpulan tentang contoh dan tahapan pembuatan perjanjian internasional.
Disiplin, Cinta tanah air dan Tanggung jawab
65’


(25’)

















(35’)











(10’)


3
Penutup:
a.  Siswa dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang penggolongan perjanjian internasional dan protocol Kyoto dalam mengendalikan laju pemanasan global.
b.  Siswa melakukan refleksi manfaat mempelajari tentang penggolongan perjanjian internasional dan protocol Kyoto dalam mengendalikan laju pemanasan global.
c.  Membuat rencana aksi partisipasi menanggulangi laju pemanasan global di sekolah.
d.  Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
Disiplin, Cinta tanah air dan Tanggung jawab
5’
Jumlah keseluruhan waktu
90’

Pertemuan Kedua (2 X 45’)
      No
Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
a.   Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran dengan: mengabsen siswa, dan memeriksa kebersihan kelas.
b.   Guru menyampaikan pokok materi pembahasan.
c.   Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan tentang berakhirnya perjanjian internasional.
Motivasi:
a. Menginformasikan KD dan tujuan pem- belajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b.   Siswa memperhatikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan dengan model group discussion (investigation) tentang berakhirnya perjanjian internasional.
Disiplin
15’
2
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a.  Guru menjelaskan konsep materi tentang berakhirnya perjanjian internasional.
b. Guru menyampaikan permasalahan ten- tang waktu berakhirnya perjanjian internasional.
c.   Setiap diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 6 orang) dan mengemukakan hasil analisis pemikirannya.
d.   Guru menayangkan artikel dan atau video /film tentang global warming dan permasalahan kapan perjanjian internasional berakhir ikatannya.
e. Guru memanggil ketua-ketua kelompok untuk satu materi tugas yang berbeda dengan kelompok lain.
f.   Siswa (anggota kelompok) membaca buku dan mencari informasi tentang berakhirnya perjanjian internasional beserta dampaknya.

Elaborasi:
a.  Masing-masing ketua kelompok atau me- lalui juru bicaranya menyampaikan hasil pembahasan kelompoknya.
b. Kemudian guru mengarahkan pembi- caraan pada pokok pembahasan atau pembicaraan dan menambah materi yang belum dibahas melalui slide presentasi.

Konfirmasi:
  • Dari simpulan jawaban dicatat di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
  • Guru memberi perbandingan sesuai dengan konsep yang telah disediakan.
  • Siswa dapat bertanya tentang materi apabila belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
  • Memberi motivasi kepada siswa atau kelompok yang belum berpartisipasi aktif.
  • Siswa dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang contoh dan tahapan pembuatan perjanjian internasional.
Disiplin, Cinta tanah air dan Tanggung jawab
65’


(25’)





















(35’)









(10’)


3
Penutup:
a.  Siswa dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang berakhirnya perjanjian internasional beserta dampaknya.
b.  Siswa melakukan refleksi manfaat mempelajari tentang berakhirnya perjanjian internasional beserta dampaknya.
c.  Membuat rencana aksi partisipasi menanggulangi laju pemanasan global di sekolah.
d.  Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
Disiplin, Cinta tanah air dan Tanggung jawab
5’
Jumlah keseluruhan waktu
90’

H.      Sumber dan Alat Pembelajaran
Sumber:
  • Tim Penulis. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: Pemkot Semarang.
  •  Chotip, dkk. 2007. Kewarganegaraan 2 Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Yudhistira.
  • Tim Penyusun. 2012. LKS Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: MGMP.
  • http://www.metrotvnews.com/berita (29 Oktober 2011)
  •  http://www.wikipedia.org (29 Oktober 2011)
  • http://www.youtube.com (29 Oktober 2011)
Alat Pembelajaran:
1.       Komputer
2.       LCD
3.       Lembar Kerja Siswa

I.        Penilaian
Pertemuan 1:
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.


2.

3.






4.


5.




o  Menjelaskan pengertian dan penggolongan perjanjian perjanjian internasional
o Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional
o Menjelaskan bahwa tahap-tahap perjanjian internasional harus dilaksanakan   sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi maupun hukum
o Menjelaskan pengettian ratifikasi dan proses ratifikasi
·  Mengidentifikasi protocol kyoto dalam peranannya mengendalikan laju global warming.
·     Unjuk Kerja

·     Penilaian Sikap

·     Pilihan (Identifikasi)

·     Pilihan (Observasi)

·     Lampiran 1


·     Lampiran 2



Pertemuan 2:
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.






2.




3.






·  Menjelaskan mulai berlakunya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, sosiologi, ekonomi, maupun hukum.
o Menjelaskan berakhirnya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi, maupun  hukum
o Menjelaskan batalnya perjanjian internasional sesuai ketentuan baik ditinjau dari aspek politik, ekonomi maupun hukum
·     Tertulis
·     Penilaian Sikap

·     Pilihan Ganda
·     Pilihan (Observasi)

·     Lampiran 1
·     Lampiran 2


Mengetahui,                                                               Semarang, 2 Januari 2013
Kepala SMA Negeri 5 Semarang                              Mata Pelajaran




Drs. Waino S, S.Pd, M.Pd.                                        Rochimudin, S.Pd
NIP.  19550701 198703 1 003                                  NIP. 19760121 200701 1 015


Lampiran 1
INSTRUMEN PENILAIAN
UNJUK KERJA DISKUSI

No.
Aspek yang dinilai
NILAI
1
2
3
4
1
Aktif dalam berdiskusi








2
Mengungkapkan pendapat dan ide atau gagasan secara sistematis








3
Mampu menguasai permasalahan








4
Berani berargumentasi








5
Membuat kalimat atau argumentasi dengan logis dan ilmiah








6
Menghormati orang lain dan kelompok lain








7
Berhasil membuat hasil dalam diskusi








8
Konsentrasi atau fokus dalam diskusi








9
Kompak dalam kerja sama kelompok








10
Kemampuan menyimpulkan










Jumlah nilai = Jumlah Skor
                                    4

Rentang Skor:
> 54 = E
55 – 64 = D
65 – 76 = C
77 – 88 = B
89 – 100 = A
 
Lampiran 2
PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN SIKAP

Berikan penilaian secara jujur terhadap pernyataan di bawah ini!
Aspek yang dinilai
NILAI
1
2
3
4
1
Memberi masukan yang bersifat membangun.








2
Memberikan gagasan yang baik untuk kepentingan umum.








3
Menyeleksi pengaruh budaya yang masuk ke Indonesia.








4
Berani berargumentasi








5
Menemukan alternatif solusi dari permasalahan yang dialami.








6
Mau berkorban untuk kelompok diskusinya








7
Percaya diri akan kemampuan diri








8
Mengusahakan musyawarah dalam pembuatan putusan








9
Menerima dan melaksanakan hasil diskusi








10
Menghormati pendapat teman










Keterangan:
1: Tidak Setuju
2: Kurang Setuju
3: Setuju
4: Sangat Setuju



Jumlah nilai = Jumlah Skor

                                    4

Rentang Skor:
> 54 = E
55 – 64 = D
65 – 76 = C
77 – 88 = B
89 – 100 = A
 

Lampiran 3
LEMBAR KERJA SISWA
Pemanasan Global Mempengaruhi Musim Panen
Ekonomi - / Senin, 12 September 2011 08:40 WIB
Metrotvnews.com, Bone Bolango: Cuaca yang tidak menentu akibat terimbas dari adanya global warming (pemanasan global), turut berpengaruh terhadap musim panen padi, jagung, dan sejumlah komoditas lainnya. Dalam rangka hari pangan nasional yang akan datang pemerintah Indonesia menyiapkan sejumlah langkah guna mengantisipasi kerawanan pangan.

Sejumlah langkah yang dilakukan pemerintah Indonesia di antaranya melalui penyediaan badan pusat informasi jagung di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Langkah tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk mengatasi ancaman kerawanan pangan.

Sesuai Undang-Undang nomor 7 Tahun 1996, tingkat ketersediaan pangan nasional untuk konsumsi diukur dalam satuan energi dan protein. Di mana pada tahun 2003, tingkat ketersediaan pangan nasional sebesar 3.076 kilo kalori per kapita per hari dan 76,54 gram protein per kapita per hari.

Angka tersbeut telah melebih standar kecukupan energi dan protein yang direkomendasikan widyakarya nasional pangan dan gizi. Meski demikian kecukupan tingkat nasional tersebut tidak menjamin kecukupan konsumsi di tingkat rumah tangga atau individu.(DNI)

Suhu Panas Meningkat, Himalaya Mencair
Nasional / Selasa, 25 Oktober 2011 12:22 WIB
Metrotvnews.com, Jakarta: Suhu meningkat tajam karena dipicu pemanasan global dikhawatirkan membuat gletser di Himalaya, China, mencair. Ini akan mengancam habitat, pariwisata dan pembangunan ekonomi. Dari 111 stasiun cuaca yang tersebar di seluruh China barat daya, 77 persen memperlihatkan naiknya suhu secara mencolok antara 1961 dan 2008. Demikian hasil studi yang disiarkan jurnal Inggris, Environmental Research Letters, Selasa (25/10).

Di 14 stasiun pemantau pada ketinggian 4.000 meter dari permukaan laut, lonjakan temperatur pada masa ini adalah 1,73 derajat Celsius, rata-rata dua kali peningkatan global selama seabad terakhir. Para peneliti pimpinan Li Zhongxing dari Akademi Sains China mengidentifikasi tiga perubahan pada gunung es yang disebabkan oleh pemanasan global yang terus terjadi.

Banyak gletser yang diteliti memperlihatkan "penurunan drastis" dan kehilangan massa dalam jumlah besar. Sebanyak 999 gletser di lembah Sungai Pengqu, misalnya, telah kehilangan wilayah 131 kilometer persegi selama dua dasawarsa, dari 1980 sampai 2001. Ukuran danau di gletser itu bertambah luas.

"Dampak dari perubahan ini jauh lebih serius dibandingkan dengan sekadar mengubah bentuk tanah," demikian peringatan para peneliti itu.

"Gletser adalah bagian terpadu dari ribuan ekosistem dan memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup umat manusia," ujar mereka.
China memiliki 23.488 gletser, yang mencakup daerah seluas 29.523 kilometer persegi di seluruh pegunungan Himalaya dan di pegunungan Nyainqtanglha, Tanggula dan Hengduan.(MI/BEY)


KELOMPOK :
Nama  :
1.     ………………………..
2.     ………………………..
3.     ………………………..
4.     ………………………..
5.     ………………………..
6.     ………………………..



 
 







Diskusikan dan jawablah pertanyaan berikut.
  1. Jelaskan bagaimanakah cara mengendalikan laju pemanasan global secara internasional dan nasional?
  2. Sebutkan 3 dampak dari pemanasan global!

Hasil diskusi:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel RPP Menjelaskan tahap-tahap perjanjian internasional Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//