Bagian dari RPP Hubungan Internasional untuk Pertemuan ke 7 dan 8
![]() |
Lambang PBB |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Semarang
Kelas / Semester : XI IPA-IPS / 2
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 4
X 45 menit (Pertemuan 7 & 8)
A.
Standar Kompetensi :
4. Menganalisis
hubungan internasional
B.
Kompetensi Dasar :
4.4. Mengkaji peranan
organisasi internasional (ASEAN, AA, PBB) dalam meningkatkan hubungan
internasional
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Mengidentifikasi macam-macam organisasi
internasional
2. Menjelaskan pengertian organisasi internasional
3. Menjelaskan macam-macam organisasi internasional
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi yang demokratis peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi macam-macam organisasi
internasional
2. Menjelaskan pengertian organisasi internasional
3. Menjelaskan macam-macam organisasi internasional
E.
Materi Ajar
1. Pengertian organisasi internasional
2. Macam-macam organisasi internasional:
A. ASEAN
B. PBB
C. Gerakan Non Blok
D. OKI
E. Uni Eropa
F.
Model/pendekatan/metode pembelajaran
·
Inkuiri
·
Diskusi
·
Tanya Jawab
·
Model Pembelajaran yang
digunakan adalah diskusi kelompok.
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 X 45’)
No
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
(Apersepsi) :
a. Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran
dengan: mengabsen siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
b. Guru menyampaikan pokok materi pembahasan.
c. Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan
tentang organisasi internasional
Motivasi:
a. Menginformasikan KD dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dalam pembelajaran.
b. Guru menjelaskan belajar dengan diskusi
kelompok.
|
Disiplin
|
15’
|
2
|
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a. Siswa memperhatikan peta konsep yang
ditampilkan oleh guru lewat Power Point atau dijelaskan di papan
tulis tentang PBB dan ASEAN
b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang
diajukan guru seputar organisasi
internasional.
c. Guru membagi tema diskusi untuk kelompok (6
orang per kelompok)
d. Siswa berdiskusi tentang sebuah kasus organisasi internasional yang menjadi
tugasnya.
Elaborasi:
a. Guru memimpin forum diskusi tentang organisasi
internasional.
b.
Setiap
siswa diminta aktif berdiskusi.
c.
Dari simpulan jawaban dicatat
di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
d.
Guru memberi perbandingan
sesuai dengan konsep yang telah disediakan.
Konfirmasi:
a.
Siswa dapat
bertanya tentang materi apabila belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah
diskusi.
b.
Memberi motivasi kepada siswa atau kelompok yang belum berpartisipasi
aktif.
c.
Siswa
dengan dibimbing oleh guru membuat simpulan tentang organisasi internasional.
|
Disiplin, Menghargai dan Cinta tanah air
|
65’
(25’)
(35’)
(10’)
|
3
|
Penutup:
a.
Siswa
melakukan refleksi manfaat mempelajari organisasi internasional kemudian
membuat komitmen bersama.
b.
Memberikan
umpan balik terhadap proses pembelajaran.
|
Disiplin
|
5’
|
Jumlah keseluruhan waktu
|
90’
|
Pertemuan
Kedua (2 X 45’)
No
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
(Apersepsi) :
a. Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran
dengan: mengabsen siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
b. Guru menyampaikan pokok materi pembahasan.
c. Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan
tentang organisasi internasional
Motivasi:
a. Menginformasikan KD dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dalam pembelajaran.
b. Guru menjelaskan belajar dengan diskusi
kelompok.
|
Disiplin
|
15’
|
2
|
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a. Siswa memperhatikan peta konsep yang
ditampilkan oleh guru lewat Power Point atau dijelaskan di papan
tulis tentang GNB, OKI, dll.
b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang
diajukan guru seputar organisasi
internasional.
c. Guru membagi tema diskusi untuk kelompok (6
orang per kelompok)
d. Siswa berdiskusi tentang sebuah kasus organisasi internasional yang menjadi
tugasnya.
Elaborasi:
a.
Guru memimpin
forum diskusi tentang organisasi internasional.
b.
Setiap
siswa diminta aktif berdiskusi.
c.
Dari simpulan jawaban dicatat
di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
d.
Guru memberi perbandingan
sesuai dengan konsep yang telah disediakan.
Konfirmasi:
a. Siswa dapat bertanya tentang materi apabila
belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
b. Memberi motivasi kepada
siswa atau kelompok yang belum berpartisipasi aktif.
c. Siswa dengan dibimbing oleh guru membuat
simpulan tentang organisasi internasional.
|
Disiplin, Menghargai dan Cinta tanah air
|
65’
(25’)
(35’)
(10’)
|
3
|
Penutup:
a. Siswa melakukan refleksi manfaat mempelajari organisasi
internasional seperti GNB, OKI, dll kemudian membuat komitmen bersama.
b. Memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran.
|
Disiplin
|
5’
|
Jumlah keseluruhan waktu
|
90’
|
H. Sumber
dan Alat Pembelajaran
Sumber:
a.
Tim Penulis.
2006. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI.
Semarang: Pemkot Semarang.
b.
Chotip, dkk.
2007. Kewarganegaraan 2 Menuju Masyarakat
Madani. Jakarta: Yudhistira.
c.
Sujiyanto dan
Muhlisin. 2007. Praktik Belajar
Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Ganeca Exact.
d.
Tim Penyusun.
2012. LKS Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas XI. Semarang: MGMP.
e.
www.metrotvnews.com
f.
UUD 1945
g.
www.wikipedia.org
Alat Pembelajaran:
1. Komputer
2. LCD
3. Lembar Kerja Siswa
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Mengidentifikasi macam macam
organisasi interna-sional
2. Menjelaskan pengertian organisasi internasional
3. Menjelaskan macam macam organisasi internasional
|
·
Tes
tertulis
|
·
Pilihan
Ganda
|
·
Lampiran 1
|
Format penilaian presentasi:
No.
|
Pemilihan organisasi internasional
|
Sistematisasi karya
|
Kerapian
|
Jumlah
|
1.
|
||||
2.
|
||||
3.
|
||||
4.
|
Keterangan:
·
Nilai maksimal aspek pemilihan
organisasi internasional: 40, minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek
sistematisasi karya ilmiah: 40, minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek kerapian:
20, minimal 10.
Mengetahui, Semarang, 2 Januari 2013
Kepala SMA Negeri 5 Semarang Mata Pelajaran
Drs. Waino S, S.Pd, M.Pd. Rochimudin, S.Pd
NIP. 19550701 198703 1 003 NIP. 19760121 200701 1 015
Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel RPP Mengkaji peranan organisasi internasional
Semoga bermanfaat.
Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini.
Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar