hubungan internasional (ilustrasi) |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Semarang
Kelas / Semester : XI IPA & XI IPS / 2 (DUA)
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 4
X 45 menit (Pertemuan 1 & 2)
A.
Standar Kompetensi :
4. Menganalisis
hubungan internasional
B.
Kompetensi Dasar :
4.1 Mendeskripsikan
pengertian, pentingnya dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu
negara
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Mendeskripsikan pengertian hubungan
internasional
2. Mendeskripsikan dampak suatu negara yang
mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa.
3. Menguraikan pentingnya hubungan internasional
4. Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan
internasional
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi yang demokratis peserta didik
dapat:
1. Mendeskripsikan pengertian hubungan
internasional
2. Mendeskripsikan dampak suatu negara yang
mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa.
3. Menguraikan pentingnya hubungan internasional
4. Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan
internasional
E.
Materi Ajar
1. Pengertian hubungan
internasional
2. Dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari
pergaulan antarbangsa
3. Pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara
4. Sarana-sarana hubungan internasional
F.
Model/pendekatan/metode pembelajaran
·
Inkuiri
·
Diskusi
·
Tanya Jawab
·
Model Pembelajaran yang
digunakan adalah diskusi kelompok.
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 X 45’)
No
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
(Apersepsi) :
a. Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran
dengan: mengabsen siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
b. Guru menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
c. Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan
tentang Pengertian hubungan internasional
Motivasi:
a. Menginformasikan KD dan tujuan pem- belajaran yang
akan dicapai dalam pembelajaran.
b. Guru menayangkan video hubungan inter-nasional
|
Disiplin dan Toleransi
|
15’
|
2
|
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a. Siswa memperhatikan peta konsep yang
ditampilkan oleh guru lewat Power Point, atau dijelaskan di papan
tulis
b. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yg
diajukan guru seputar hubungan dengan negara lain.
c. Siswa mendengar penjelasan guru tentang
hubungan internasional: pengertian, pola, arti penting, dan sarananya.
d. Siswa mencari lima contoh hubungan
in- ternasional yang dilakukan oleh Indonesia dari internet, surat kabar, dan
majalah. Kemudian menggunakan matrik yang sudah ada untuk mengerjakan tugas
individu.
e. Siswa bekerja dalam kelompok untuk
menganalisis dampak positif dan negatif hubungan internasional.
Elaborasi:
a. Guru memimpin forum kecil diskusi ten- tang hubungan internasional.
b.
Setiap
siswa diminta aktif berdiskusi.
c. Dari simpulan jawaban dicatat
di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
d. Guru memberi perbandingan
sesuai dgn konsep yang telah disediakan.
Konfirmasi:
a. Siswa dapat
bertanya tentang materi apabila belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah
diskusi.
b. Memberi motivasi kepada siswa atau kelompok yang belum berpartisipasi
aktif.
c. Siswa
dengan dibimbing oleh guru mem- buat simpulan tentang hubungan internasional.
|
Disiplin dan Toleransi
|
65’
(25’)
(35’)
(10’)
|
3
|
Penutup:
a. Siswa
melakukan refleksi manfaat mem- pelajari hubungan internasional kemudian membuat komitmen bersama.
b.
Memberikan
umpan balik terhadap proses pembelajaran.
|
Disiplin
|
5’
|
Jumlah keseluruhan waktu
|
90’
|
Pertemuan Kedua (2 X 45’)
No
|
Kegiatan
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
(Apersepsi) :
a. Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran
dengan: mengabsen siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
b. Guru menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
c. Siswa menjawab pertanyaan dari guru se- cara lisan
tentang sarana-sarana hubungan
internasional
Motivasi:
· Menginformasikan KD dan tujuan pembe-lajaran yang
akan dicapai dalam pembelajaran.
· Guru menayangkan video sarana-sarana hubungan internasional
|
Disiplin,
|
15’
|
2
|
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a. Siswa memperhatikan peta konsep yang
ditampilkan oleh guru lewat Power Point atau dijelaskan di papan tulis.
b. Siswa memperlihatkan beberapa berita
atau artikel tentang sarana-sarana hubungan internasional
c. Siswa memperhatikan penjelasan guru
tentang sarana-sarana
hubungan internasional
d. Siswa memberi pendapat secara lisan.
e. Siswa secara lisan berargumentasi ten- tang sarana-sarana
hubungan internasional.
Elaborasi:
a. Guru memimpin forum kecil diskusi tentang sarana-sarana hubungan internasional.
b.
Setiap
siswa diminta aktif berdiskusi.
c. Dari simpulan jawaban dicatat
di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
d. Guru memberi perbandingan
sesuai dgn konsep yang telah disediakan.
Konfirmasi:
a. Siswa dapat bertanya tentang materi apabila
belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
b. Siswa dengan dibimbing oleh guru mem- buat
simpulan tentang sarana-sarana hubungan internasional.
|
Disiplin dan nasionalisme
|
65’
(25’)
(35’)
(10’)
|
3
|
Penutup:
a. Siswa melakukan refleksi manfaat mem- pelajari sarana-sarana hubungan internasional.
b. Kemudian membuat komitmen bersama.
c. Memberikan umpan balik terhadap pro- ses
pembelajaran.
|
Disiplin
|
5’
|
Jumlah keseluruhan waktu
|
90’
|
H. Sumber
dan Alat Pembelajaran
Sumber:
- Tim Penulis. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: Pemkot Semarang.
- Chotip, dkk. 2007. Kewarganegaraan 2 Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Yudhistira.
- Sujiyanto dan Muhlisin. 2007. Praktik Belajar Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Ganeca Exact.
- Tim Penyusun. 2012. LKS Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: MGMP.
- www.metrotvnews.com
- UUD 1945
Alat Pembelajaran:
1. Komputer
2. LCD
3. Lembar Kerja Siswa
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1. Mendeskripsikan pengertian hubungan
internasional
2. Mendeskripsikan dampak suatu negara yang
mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa.
3. Menguraikan pentingnya hubungan internasional
4. Mengidentifikasi sarana-sa rana hubungan
internasional
|
·
Tes
tertulis
|
·
Pilihan
Ganda
|
·
Lampiran 1
|
Mengetahui, Semarang, 2 Januari 2013
Kepala SMA Negeri 5 Semarang Mata Pelajaran
Drs. Waino S, S.Pd, M.Pd. Rochimudin, S.Pd
NIP. 19550701 198703 1 003 NIP. 19760121 200701 1 015
Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia
Artikel RPP Hubungan Internasional (Pertemuan 1 dan 2)
Semoga bermanfaat.
Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini.
Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar