Selamat Membaca. Semoga dapat membantu Anda dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan”.

Thursday, 24 January 2013

RPP Hubungan Internasional (Pertemuan 1 dan 2)

Rochimudin | Thursday, 24 January 2013 | 23:51 |
hubungan internasional (ilustrasi)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Nama Sekolah             :    SMA Negeri 5 Semarang
Kelas / Semester         :    XI IPA & XI IPS / 2 (DUA)
Mata Pelajaran            :    Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu             :    4 X 45 menit (Pertemuan 1 & 2)

A.      Standar Kompetensi       :  
4. Menganalisis hubungan internasional
B.      Kompetensi Dasar          :  
4.1 Mendeskripsikan pengertian, pentingnya dan sarana-sarana hubungan internasional bagi suatu negara

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.   Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
2.   Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa.
3.   Menguraikan pentingnya hubungan internasional
4.   Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional

D.      Tujuan Pembelajaran   
Melalui diskusi yang demokratis peserta didik dapat:
1.    Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
2.    Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa.
3.    Menguraikan pentingnya hubungan internasional
4.    Mengidentifikasi sarana-sarana hubungan internasional

E.      Materi Ajar       
1.   Pengertian hubungan internasional
2.   Dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antarbangsa
3.   Pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara
4.   Sarana-sarana hubungan internasional 

F.       Model/pendekatan/metode pembelajaran
·      Inkuiri
·      Diskusi
·      Tanya Jawab
·      Model Pembelajaran yang digunakan adalah diskusi kelompok.

G.  Kegiatan Pembelajaran
     Pertemuan Pertama (2 X 45’)
      No
Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
a. Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran dengan: mengabsen siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
b. Guru menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
c. Siswa menjawab pertanyaan dari guru secara lisan tentang Pengertian hubungan internasional
Motivasi:
a. Menginformasikan KD dan tujuan pem- belajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
b. Guru menayangkan video hubungan inter-nasional
Disiplin dan Toleransi
15’
2
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
 a.  Siswa memperhatikan peta konsep yang ditampilkan oleh guru lewat Power Point, atau dijelaskan di papan tulis
 b.   Siswa menjawab beberapa pertanyaan yg diajukan guru seputar hubungan dengan negara lain.
 c.    Siswa mendengar penjelasan guru tentang hubungan internasional: pengertian, pola, arti penting, dan sarananya.
 d.    Siswa mencari lima contoh hubungan in- ternasional yang dilakukan oleh Indonesia dari internet, surat kabar, dan majalah. Kemudian menggunakan matrik yang sudah ada untuk mengerjakan tugas individu.
e.  Siswa bekerja dalam kelompok untuk menganalisis dampak positif dan negatif hubungan internasional.

Elaborasi:
a. Guru memimpin forum kecil diskusi ten- tang hubungan internasional.
b.   Setiap siswa diminta aktif berdiskusi.
c.  Dari simpulan jawaban dicatat di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
d. Guru memberi perbandingan sesuai dgn konsep yang telah disediakan.

Konfirmasi:
a. Siswa dapat bertanya tentang materi apabila belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
b. Memberi motivasi kepada siswa atau kelompok yang belum berpartisipasi aktif.
c.  Siswa dengan dibimbing oleh guru mem- buat simpulan tentang hubungan internasional.
Disiplin dan Toleransi
65’


(25’)

















(35’)












(10’)


3
Penutup:
a.  Siswa melakukan refleksi manfaat mem- pelajari hubungan internasional kemudian membuat komitmen bersama.
b.   Memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran.
Disiplin
5’
Jumlah keseluruhan waktu
90’


     Pertemuan Kedua (2 X 45’)
      No
Kegiatan
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal (Apersepsi) :
a. Guru mengecek kesiapan kelas dalam pembelajaran dengan: mengabsen siswa dan memeriksa kebersihan kelas.
b. Guru menyampaikan pokok materi pem- bahasan.
c.   Siswa menjawab pertanyaan dari guru se- cara lisan tentang sarana-sarana hubungan internasional
Motivasi:
·     Menginformasikan KD dan tujuan pembe-lajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran.
· Guru menayangkan video sarana-sarana hubungan internasional
Disiplin,
15’
2
Kegiatan Inti:
Eksplorasi:
a.     Siswa memperhatikan peta konsep yang ditampilkan oleh guru lewat Power Point atau dijelaskan di papan tulis.
b.   Siswa memperlihatkan beberapa berita atau artikel tentang sarana-sarana hubungan internasional
c.  Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang sarana-sarana hubungan internasional
d.       Siswa memberi pendapat secara lisan.
e.   Siswa secara lisan berargumentasi ten- tang sarana-sarana hubungan internasional.

Elaborasi:
a.  Guru memimpin forum kecil diskusi tentang sarana-sarana hubungan internasional.
b.       Setiap siswa diminta aktif berdiskusi.
c.      Dari simpulan jawaban dicatat di papan, siswa membuat kesimpulan awal.
d.    Guru memberi perbandingan sesuai dgn konsep yang telah disediakan.

Konfirmasi:
a.  Siswa dapat bertanya tentang materi apabila belum jelas atau mempunyai pertanyaan setelah diskusi.
b.      Siswa dengan dibimbing oleh guru mem- buat simpulan tentang sarana-sarana hubungan internasional.

Disiplin dan nasionalisme
65’


(25’)
















(35’)










(10’)


3
Penutup:
a.       Siswa melakukan refleksi manfaat mem- pelajari sarana-sarana hubungan internasional.
b.       Kemudian membuat komitmen bersama.
c.      Memberikan umpan balik terhadap pro-  ses pembelajaran.
Disiplin
5’
Jumlah keseluruhan waktu
90’

H.     Sumber dan Alat Pembelajaran
Sumber:
  • Tim Penulis. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: Pemkot Semarang.
  • Chotip, dkk. 2007. Kewarganegaraan 2 Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Yudhistira.
  • Sujiyanto dan Muhlisin. 2007. Praktik Belajar Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Ganeca Exact.
  • Tim Penyusun. 2012. LKS Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI. Semarang: MGMP.
  •  www.metrotvnews.com
  • UUD 1945
Alat Pembelajaran:
1.       Komputer
2.       LCD
3.       Lembar Kerja Siswa

I.        Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1. Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
2. Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa.
3. Menguraikan pentingnya hubungan internasional
4.  Mengidentifikasi sarana-sa rana hubungan internasional

·     Tes tertulis

·     Pilihan Ganda


·     Lampiran 1




Mengetahui,                                                               Semarang, 2 Januari 2013
Kepala SMA Negeri 5 Semarang                              Mata Pelajaran




Drs. Waino S, S.Pd, M.Pd.                                        Rochimudin, S.Pd
NIP.  19550701 198703 1 003                                  NIP. 19760121 200701 1 015

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel RPP Hubungan Internasional (Pertemuan 1 dan 2) Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

No comments:

Post a Comment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//