Selamat Membaca. Semoga dapat membantu Anda dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan”.

Monday, 6 May 2013

Forum Kerjasama Asia Timur-Amerika Latin (FEALAC)

Rochimudin | Monday, 6 May 2013 | 09:34 |
Lambang FEALAC
APA ITU FEALAC?
Forum for East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC), yang beranggotakan 36 negara di kawasan Asia Timur dan Amerika Latin, merupakan forum dialog dan kerja sama antar kedua kawasan.
  
FEALAC secara resmi dibentuk pada bulan Agustus 2001. FEALAC merupakan sarana peningkatan kerja sama antara negara-negara di kawasan Asia Timur dengan negara-negara di kawasan Amerika Latin. FEALAC merupakan satu-satunya organisasi antar-pemerintah yang menghubungkan negara-negara dari dua kawasan tersebut.


Forum untuk Asia Timur-Amerika Latin Kerjasama (FEALAC) menyatukan 10 negara ASEAN, Cina, Jepang, Korea, Australia, Selandia Baru, dan 17 negara dari Amerika Latin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan saling pengertian, mendorong dialog politik, mendorong kerja sama, dan mengembangkan kemitraan baru antara daerah dinamis dari Asia Timur dan Amerika Latin. FEALAC demikian dibentuk untuk menjembatani "missing link" antara kedua daerah.

36 negara berpartisipasi dalam Forum untuk Asia Timur-Amerika Latin Kerjasama (FEALAC) adalah:

Asia Timur: Australia, Brunei Darussalam, Kamboja, untuk implementasi Indonesia, Jepang, Laos, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Thailand, Vietnam.

Amerika Latin: Argentina, Bolivia, Brasil, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Kuba, Republik Dominika, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Uruguay dan Venezuela.

Alasan dibentuknya FEALAC
  • 1. Belum adanya “jembatan” kerja sama antar kedua kawasan. 
  • 2. Dinamika pertumbuhan perdagangan di Asia Timur dan Amerika Latin. 
  • 3. Kebutuhan untuk memperkuat hubungan antara kawasan Asia Timur dengan Amerika Latin sebagai penyeimbang hubungan antara Asia Timur dengan Amerika Utara. 
  • 4. Kebutuhan untuk meningkatkan kerja sama regional (South-South Cooperation) antar negara berkembang setelah adanya kerja sama Asia Afrika, dalam rangka mencapai keseimbangan global di berbagai bidang. 

Maksud dan Tujuan FEALAC
  • 1. Saling berbagi pengalaman dan memfasilitasi kerja sama di berbagai bidang.
  • 2. Memanfaatkan potensi beragam kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, investasi, keuangan, iptek, perlindungan lingkungan hidup, kebudayaan, olahraga, pariwisata, dan people to people contact.
  • 3. Berbagi pandangan terhadap berbagai isu ekonomi dan politik untuk mengatasi tantangan global.
  • 4. Memperluas dan memperkuat bidang kerja sama, termasuk di forum internasional untuk memperjuangkan isu-isu yang menjadi kepentingan bersama.   

Prinsip FEALAC

Respect for sovereignty and territorial integrity, non interference, equal, mutual benefit, common goal of development, respect and understanding for culture, way of life, and decision making by consensus
 
Arti Penting FEALAC
  • 1. FEALAC merupakan satu-satunya forum kerja sama dan dialog antara kawasan ASIA Timur dan Amerika Latin.
  • 2. Kawasan memiliki potensi, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang besar.
  • 3. Besarnya keinginan masyarakat di kedua kawasan untuk lebih mengenal dan mempererat hubungan.
  • 4. Asia Timur dan Amerika Latin adalah kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Kedua kawasan telah berpengalaman dalam mengatasi krisis ekonomi dunia dibandingkan dengan kawasan lain.
  • 5. Krisis finansial saat ini kurang berdampak pada pertumbuhan ekonomi kedua kawasan.
  • 6. Kerja sama kedua kawasan dapat menjadi buffer ekonomi dunia, terkait dengan penyediaan pangan, energi, dan perlindungan terhadap lingkungan.
 
Pertemuan Tingkat Menteri Pertama untuk Forum untuk Asia Timur-Amerika Latin Kerjasama (FEALAC) diselenggarakan di Santiago Chili pada Maret 2001. Pertemuan ini menyepakati "Dokumen Kerangka" untuk membentuk dasar untuk kegiatan Forum untuk Asia Timur-Amerika Latin Kerjasama (FEALAC). Kerangka ini menetapkan bahwa "hubungan lebih dekat dan kerjasama antara Asia Timur dan Amerika Latin akan saling menguntungkan dan anggotaikan kontribusi bagi perdamaian regional dan internasional dan stabilitas".

Sejak tahun 2001, Asia telah pulih dari krisis keuangan dan ekonomi regional yang sedang patah hati. Didorong oleh kebangkitan Cina dan India, hubungan lama yang dihidupkan kembali dan yang baru ditempa antara amerika Latin dan Asia. Perdagangan antara kedua wilayah telah meningkat.

Peran Indonesia dalam FEALAC

    • 1. Indonesia terpilih sebagai Koordinator Regional Asia Timur untuk periode 2009-2011.
    • 2. Indonesia menjadi tuan rumah SOM XI, yang diselenggarakan di Bali pada bulan November 2010, di mana Pertemuan ini menerima masukan Non-paper dari Indonesia berjudul “The Revitalization, Enhanced Visibility, and Future Direction of FEALAC” untuk diadopsi pada Pertemuan Tingkat Menteri V di Buenos Aires, Argentina pada bulan Agustus 2011.
    • 3. Indonesia kembali dipercaya sebagai Koordinator Regional untuk tahun 2011–2013 dan tuan rumah Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri (Foreign Ministers’ Meeting) FEALAC yang ke-6 pada tahun 2013.

      Referensi:

      • Kegiatan sosialisasi diplomasi publik dan simulasi sidang Bali Democracy Forum (BDF) V, Semarang, 3-4 Maret 2013
      • http://id.reingex.com/FEALAC-Forum-East-Asia-Latin-America.shtml

      Get free daily email updates!

      Follow us!


      Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

      Artikel Forum Kerjasama Asia Timur-Amerika Latin (FEALAC) Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

      Artikel Berkaitan:

      2 comments:

      1. Saya sangat setuju dengan artikel tersebut, karena dengan adanya forum kerjasama tersebut antara kedua kawasan mendapatkan jembatan kerjasama. Serta, dapat meningkatkan pertumbuhan perdagangan antara kedua kawasan. Dan juga, meningkatkan kerjasama demi mencapai keseimbangan global di berbagai bidang. Antara kedua kawasan juga dapat mempermudah mencapai kebutuhan masing-masing negara.

        ReplyDelete
      2. Fransiscus a s: saya setuju dengan adanya FEALAC tpi kita juga harus bisa memilih budaya yg masuk ke daerah kita karena budaya yg masuk ke daerah kita dengan adanya bantuan hi tidak sesuai dengan norma yv kita pegang

        ReplyDelete

        Enter your email address:

        Delivered by FeedBurner

      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
      //