Selamat Membaca. Semoga dapat membantu Anda dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan”.

Saturday, 9 March 2013

Pembahasan Soal Try Out Tipe B Ujian Sekolah PKN 2013

Rochimudin | Saturday, 9 March 2013 | 23:36 |
Try Out 2 Ujian Sekolah 2012/2013
Mata Pelajaran PKN
Rabu, 20 Februari 2013
Pilihlah salah satu jawaban yang benar dengan menghitamkan pada salah satu huruf jawaban a, b, c, d atau e pada lembar jawaban ! (Kunci jawaban di bawah nomor 50)
1. Rakyat, wilayah, dan pemerintah yang berdaulat merupakan unsur-unsur terbentuknya suatu negara yang harus ada. Hal itu merupakan pengertian dari unsur terbentuknya suatu negara yang bersifat  …..
a.   deklaratif
b.   konstitutif
c.   de jure
d.   de facto
e.   pelengkap

2.  Berikut ini adalah pengertian negara sebagai organisasi politik yaitu …..
  • a.   organisasi yang menyatukan kelompok manusia yang kemudian disebut bangsa.
  • b.   organisasi kesusilaan yang timbul karena sintesa antara kemerdekaan individu dan kemerdekaan universal.
  • c.   masyarakat hukum yang dibentuk karena perjanjian masyarakat yang bertujuan untuk perdamaian.
  • d.   organisasi yang melaksanakan kehendak anggotanya yang mana kehendak itu dituangkan dalam hokum.
  • e.   organisasi kekuasaan yang diciptakan oleh sekelompok manusia atau bangsa.

3. Suatu negara yang merdeka dan berdaulat, memiliki hanya satu pemerintah pusat yang mengatur seluruh daerah merupakan pengertian bentuk negara …..
a.   kesatuan
b.   serikat
c.   protektorat
d.   dominion
e.   uni

4. Terbentuknya negara ketika suatu bangsa yang dijajah oleh bangsa lain melakukan perlawanan, berhasil merebut kembali dan menyatakan kemerdekaan. Proses terbentuknya negara ini secara …..
a.   pendudukan
b.   peleburan
c.   penguasaan
d.   penyerahan
e.   proklamasi

5. Negara diciptakan oleh manusia melalui perjanjian masyarakat demi ketentraman hidupnya. Hal ini merupakan terjadinya negara berdasarkan teori …..
a.   perjanjian masyarakat
b.   ketuhanan
c.   kedaulatan hukum
d.   kedaulatan raja
e.   kedaulatan negara

6.  Sikap yang kurang mendukung usaha untuk menggalang persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia harus kita hindari. Salah satu sikap yang harus kita hindari yaitu …..
a.   bangga sebagai bangsa yang bertanah air Indonesia.
b.   keselamatan bangsa dan negara diletakan di atas kepentingan pribadi atau golongan.
c.   selalu mempermasalahkan Bhinneka Tunggal Ika.
d.   cinta tanah air dan bangsa.
e.   rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara.

7. Contoh perilaku pengendalian diri dalam kehidupan masyarakat yaitu …..
a.   menunggu di luar apabila terlambat hadir.
b.   hidup sederhana untuk menatap masa depan.
c.   menjalani hidup apa adanya.
d.   tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.
e.   menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia.

8. Ketentraman dan ketertiban masyarakat akan terwujud apabila prinsip-prinsip kehidupan demokrasi ditegakan. Berikut ini yang merupakan prinsip kehidupan demokrasi yaitu …..
a.   peradilan yang berpihak kepada kekuasaan.
b.   tiadanya perlindungan hak asasi manusia.
c.   kekuasaan politik lebih tinggi daripada penegakan hukum.
d.   adanya penyelenggaraan pemilu secara periodik.
e.   kurangnya partisipasi warga dalam pembuatan keputusan politik.

9. Struktur politik pemerintahan yang berkaitan dengan lembaga-lembaga negara yang ada serta hubungan ketatanegaraan antara lembaga negara satu dengan lainnya disebut …..
a.   infrastruktur politik
b.   supra struktur politik
c.   sistem politik
d.   partisipasi politik
e.   partai politik

10.  Perhatikan beberapa kegiatan di bawah ini:
1.   Kegiatan pemilihan
2.   Kegiatan religi
3.   Lobbying
4.   Kegiatan organisasi
5.   Tindakaan sosial
Berdasarkan pilihan di atas, kegiatan yang menunjukan partisipasi politik yaitu …..
a.    1, 2, 3
b.   2, 3, 4
c.    3, 4, 5
d.   1, 3, 4
e.    2, 4, 5

11.  Pengaturan hubungan internasional bermanfaat bagi negara Indonesia yaitu …..
a.    memudahkan negara penjajah dalam mengelola daerah jajahannya.
b.   menjadikan ketergantungan dengan negara maju.
c.    menumbuhkan kelompok-kelompok negara maju.
d.   mencukupi kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi sendiri.
e.    mendorong daerah-daerah untuk memerdekakan diri.

12.  Tahapan pembuatan perjanjian internasional yang banyak diwarnai oleh negosiasi dan lobi yaitu .....
a.    perundingan
b.   penandatanganan
c.    pengesahan
d.   ratifikasi
e.    pertimbangan

13.  Perhatikan pilihan di bawah ini:
1.   Perjanjian yang membentuk hukum (law making treaties)
2.   Perjanjian yang bersifat khusus (treaty contract)
3.   Perjanjian politik
4.   Perjanjian regional
5.   Perjanjian bilateral
6.   Perjanjian multilateral
Berdasarkan pilihan di atas, penggolongan perjanjian internasional menurut subjek yang terikat yaitu .....
a.   1, 2
b.   2, 3
c.   3, 4
d.   4, 5
e.   5, 6

14. Sistem pemerintahan dimana menteri-menteri bertanggung jawab kepada Dewan Perwakilan Rakyat atau parlemen disebut .....
a.   Parlementer.
b.   Presidensiil.
c.   Republik.
d.   Monarchi.
e.   Demokrasi.

15.  Bentuk pemerintahan Negara Inggris adalah monarchi parlementer. Hal ini berarti .....
a. Kepala pemerintahan dipimpin oleh ratu Inggris sedangkan kepala negara adalah perdana menteri.
b.   Kepala pemerintahan sekaligus kepala negara dipimpin oleh ratu Inggris.
c.   Kepala pemerintahan sekaligus kepala negara dipimpin oleh perdana menteri.
d.  Kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri sedangkan ratu Inggris sebagai kepala negara.
e.   Menteri membantu ratu Inggris dalam menjalankan pemerintahan.

16. Di dalam sistem pemerintahan presidensiil seperti Indonesia, kedudukan presiden adalah sebagai …..
a.   Kepala pemerintahan sekaligus kepala negara.
b.   penanggung jawab berbagai kehidupan berbangsa dan bernegara.
c.   Panglima tertinggi dari angkatan laut, angkatan udara, dan angkatan darat.
d.   dapat membubarkan parlemen dan sebaliknya.
e.   pelaksana pemerintahan tertinggi dari semua bidang kehidupan.

17.  Setelah UUD 1945 diamandemen oleh MPR maka presiden/wakil presiden dapat diberhentikan oleh …..
a.   MPR.
b.   demonstrasi rakyat.
c.   DPR.
d.   Mahkamah Konstitusi.
e.   MA.

18.  Salah satu contoh pelaksanaan hak prerogatif presiden menurut UUD 1945 adalah …..
a.   menyetujui undang-undang.
b.   menetapkan APBN.
c.   mengangkat anggota DPR.
d.   menetapkan UUD.
e.   memberi grasi.

19.  Lembaga negara yang bertugas menetapkan undang-undang berdasarkan UUD 1945 adalah …..
a.   Presiden dan MPR.
b.   Presiden dan DPR.
c.   DPR dan MPR.
d.   Mahkamah Konstitusi.
e.   Mahkamah Agung.

20. Berikut ini merupakan kelemahan sistem pemerintahan parlementer yang pernah berlaku di Indonesia kurun waktu 17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959 yaitu …..
a.  pembuat kebijakan dapat ditangani secara cepat karena mudah terjadi penyesuaian pendapat antara eksekutif dan legislatif.
b.   garis tanggung jawab dalam pembuatan dan pelaksanaan kebijakan publik jelas.
c.  kelangsungan kedudukan badan eksekutif atau kabinet tidak bisa ditentukan berakhir sesuai dengan masa jabatannya karena sewaktu-waktu kabinet dapat bubar.
d.   adanya pengawasan yang kuat dari parlemen terhadap kabinet.
e.    kesiapan berdemokrasi menjadikan stabilnya kehidupan politik.

21.  Bentuk pemerintahan negara kita menurut pasal 1 ayat 1 UUD 1945 adalah …..
a.   Republik
b.   Kesatuan
c.   Presidensiil
d.   Ministeriil
e.   Parlementer

22. Perbedaan sistem pemerintahan di Indonesia dengan sistem pemerintahan negara Singapura adalah …..
  • a.   Indonesia bersistem presidensiil sedangkan Singapura bersistem parlementer.
  • b.   Indonesia bersistem parlementer sedangkan Singapura bersistem presidensiil.
  • c.   Presiden Indonesia sebagai kepala negara sedangkan presiden Singapura sebagai kepala pemerintahan.
  • d.  Perdana menteri Singapura memegang jabatan sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, presiden RI hanya sebagai simbol negara.
  • e.   Menteri di Indonesia dipilih oleh DPR sedangkan menteri di Singapura dipilih oleh Perdana Menteri.
23. Istilah globalisasi menunjuk pada sebuah proses tumbuhnya kesadaran global bahwa dunia adalah sebuah lingkungan yang terbangun sebagai satu kesatuan yang utuh. Proses globalisasi adalah …..
a.    proses tatanan masyarakat yang mendunia dan seakan-akan tidak mengenal batas-batas wilayah.
b.   meningkatnya hubungan internasional.
c.    semakin diturunkankan batas antar negara, misalnya hambatan tarif ekspor impor, lalu lintas devisa, maupun migrasi.
d.   semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia.
e.    semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal.

24. Dengan adanya sistem globalisasi sebagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sebaiknya kita …..
a.    memanfaatkan kemajuan secara keseluruhan.
b.   berhati-hati dalam menerapkan kemajuan IPTEK.
c.    kita harus memanfaatkan potensi bangsa kita sendiri.
d.   tidak semua yang modern itu baik untuk bangsa kita.
e.    menyaring kemajuan itu dengan nilai-nilai Pancasila.

25. Globalisasi memiliki pengaruh positif terhadap aspek politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu …..
a.    munculnya gerakan separatism.
b.   tumbuhnya kesadaran berdemokrasi.
c.    muncul keberanian menentang pemerintah.
d.   merebaknya ideologi politik.
e.    sering terjadi demonstrasi.

26. Proses globalisasi kehidupan umat manusia yang positif menjadi kebutuhan, sehingga secara sengaja dilakukan melalui …..
a.    kampanye anti terorisme.
b.   kesepakatan pasar bebas.
c.    kemajuan IPTEK.
d.   perdagangan narkoba.
e.    pesta olahraga dunia.

27.  Sikap bijaksana yang harus kita ambil terhadap pengaruh globalisasi adalah …..
a.    menyeleksi.
b.   menyesuaikan.
c.    menolak.
d.   menutup diri.
e.    kompromi.

28. Berikut ini merupakan pengertian pers menurut UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers yaitu …..
a.    alat untuk menjepit atau memadatkan.
b.   alat cetak untuk mencetak buku atau surat kabar
c.    enyiaran-penyiaran pikiran, gagasan, atau berita-berita dengan kata tertulis.
d.   lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik.
e.    orang yang bekerja di bidang persurat kabaran.

29. Masyarakat berlangganan atau memiliki surat kabar karena memerlukan informasi mengenai berbagai kejadian aktual. Hal ini merupakan salah satu fungsi pers yaitu fungsi …..
a.    kontrol sosial.
b.   pendidikan.
c.    informasi.
d.   hiburan.
e.    membangun masyarakat madani.

30. Selain sebagai media penyampai informasi, pers juga mempunyai peran umum sebagai berikut:
1.   Alat propaganda bagi kepentingan partai politik atau golongan.
2.   Alat untuk menyebarkan informasi penting.
3.   Sumber penghasilan wartawan.
4.   Penyampai berita dan hiburan.
5.   Wahana komunikasi publik.
Berdasarkan pernyataan di atas, yang merupakan peranan pers yaitu …..
a.    1, 2, 3
b.   1, 3, 5
c.    1, 4, 5
d.   2, 3, 4
e.    2, 4, 5

31.  Salah satu upaya pemerintah dalam mengendalikan kebebasan pers adalah …..
a.    mendatangkan keuntungan popularitas diri.
b.   menyelaraskan dengan kepentingan pemerintah.
c.    membela kepentingan penguasa.
d.   membuat Undang-Undang Pers.
e.    mengkritisi kebijakan pimpinan media massa.

32. Contoh berita pada media massa yang dianggap menyimpang dari kode etik jurnalistik adalah …..
a.    informasi yang tidak merugikan kepentingan bangsa dan negara.
b.   Informasi yang tidak memancing konflik dalam masyarakat.
c.    berita yang dapat mempererat persatuan bangsa.
d.   berita yang sopan dan diperoleh secara jelas dan akurat.
e.    berita yang sensasional dan membuat kemunduran bangsa.

33. Peranan pers mengalami perubahan dari pers masa kolonial ke arah perjuangan kemerdekaan bangsa. Peranan pers nasional setelah 17 Agustus 1945 memfokuskan untuk menjadi …..
a.    corong penguasa RI yang mendukung perjuangan melawan strategi pecah belah Belanda.
b.   satu-satunya sumber informasi masyarakat untuk mengetahui perkembangan keadaan.
c.    mitra kerja Belanda untuk mengetahui tawanan-tawanan Belanda yang masih tinggal di RI.
d.   mitra kerja Jepang untuk mengetahui serdadu yang masih tertinggal.
e.    satu-satunya sumber berita untuk mengetahui kemerdekaan RI.

34. Sesuatu disebut bernilai atau bermakna apabila memenuhi unsur-unsur sebagai berikut kecuali …..
a.    disukai kelompoknya.
b.   unik dan langka.
c.    bernilai religius.
d.   memiliki keindahan.
e.    berguna bagi manusia lain.

35. Berikut ini merupakan norma yang bersumberkan pada tata nilai budaya atau adat masyarakat yang berlaku, yaitu norma …..
a.    Agama.
b.   Kesusilaan.
c.    Hukum.
d.   Kesopanan.
e.    Keindahan.

36.  Dasar negara memiliki hubungan yang erat dengan konstitusi. Hal itu karena …..
a.    negara yang didirikan harus memiliki dasar negara.
b.   penyusunan konstitusi bersamaan dengan penyusunan dasar negara.
c.    dasar negara dipakai untuk menyusun konstitusi negara yang didirikan.
d.   konstitusi negara di pakai untuk menyusun dasar negara yang digunakan.
e.    salah satu syarat berdirinya negara harus memiliki konstitusi.

37.  Berikut ini merupakan substansi konstitusi dari UUD 1945 yaitu …..
a.    sebagai hukum dasar dan dasar negara.
b.   sebagai hukum dasar tertulis dan nilai-nilai penyusunan dasar negara.
c.    sebagai hukum dasar dan hukum tertinggi negara.
d.   sebagai sumber hukum dan tujuan nasional.
e.    sebagai fundamen negara dan suasana kebatinan pendiri negara.

38. Sebagai warga negara yang baik maka sikap yang perlu kita kembangkan terhadap konstitusi antara lain …..
a.    menyadari bahwa konstitusi adalah urusan pejabat negara.
b.   berbeda pendapat agar konstitusi senantiasa berubah.
c.    memahami bahwa perubahan konstitusi dapat dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.
d.   mematuhi konstitusi yang sesuai dengan visi dan misi kelompoknya.
e.    sepakat menempatkan konstitusi sebagai dasar negara.

39. Ideologi yang dianut suatu negara dapat bersifat terbuka dan tertutup. Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah …..
a.    membuka diri menerima semua kemajuan yang ada.
b.   menerima kemajuan pengetahuan sesuai dengan kepribadiannya.
c.    dapat menerima kemajuan kalau menguntungkan.
d.   perpaduan dari berbagai ideologi bangsa lain.
e.    terbuka untuk dibicarakan dengan negara lain.

40. Menurut Dr. Alfian, kekuatan ideologi bergantung pada dimensi realita, fleksibilitas, dan idealisme. Yang merupakan dimensi realitas dari ideologi Pancasila adalah …..
a.    memiliki keluwesan dalam menjawab tantangan sekarang dan masa depan.
b.   menerima kemajuan jaman yang baik sesuai dengan nilai-nilai idealisme.
c.    dapat menerima kemajuan kalau menguntungkan.
d.   menyesuaikan diri dengan pengaruh jaman.
e.    cita-cita hidup berbangsa dan bernegara terwujud secara nyata.

41. Nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila tidak diragukan lagi karena merupakan filsafat bangsa, dasar negara, dan ideologi negara. Hal ini merupakan kedudukan Pancasila sebagai …..
a.    paradigma pembangunan.
b.   moral pembangunan.
c.    sumber nilai.
d.   perjanjian luhur bangsa.
e.    dasar negara.

42. Sikap positif yang perlu dikembangkan sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila. Contoh sikap positif tersebut yaitu …..
a.    selalu mengikuti perkembangan budaya asing.
b.   bergaya hidup individualistik.
c.    mentaati norma dan peraturan yang berlaku.
d.   pantang menyerah kalau keinginan belum tercapai.
e.    senang dengan pujian orang asing.

43. Pancasila sebagai dasar negara secara yuridis formal konstitusional tercantum dalam pembukaan UUD 1945. Hal ini merupakan fungsi Pancasila sebagai …..
a.    ideologi terbuka.
b.   sumber hukum.
c.    alat pemersatu bangsa.
d.   kepribadian bangsa.
e.    cita-cita bangsa.

44. Hak asasi manusia merupakan hak dasar yang dimiliki oleh manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan. Berikut ini yang bukan merupakan penggolongan HAM yaitu …..
a.    Hak asasi diskriminasi sosial.
b.   Hak asasi politik
c.    Hak asasi ekonomi.
d.   Hak asasi persamaan hukum.
e.    Hak asasi perlindungan hukum.

45. Berikut ini merupakan contoh hak asasi yang dimiliki oleh warga negara Indonesia di bidang politik yaitu …..
a.    memilih dalam pemilu apabila memenuhi persyaratan.
b.   melanjutkan keturunan sesuai perundang-undangan yang berlaku.
c.    melanjutkan pendidikan yang diinginkannya.
d.   melakukan usaha jual beli.
e.    mengembangkan budaya nasional.

46. Tap MPR No. XVII/MPR/1998 tentang HAM merupakan landasan ….. dalam penegakan HAM di Indonesia.
a.    idiil
b.   konstitusional
c.    operasional
d.   yuridis
e.    adat

47. Berikut ini adalah tiga sumber hukum primer hukum internasional yaitu …..
a.    Perjanjian internasional, prinsip hukum umum, dan kebiasaan internasional.
b.   Keputusan internasional, kebiasaan internasional, dan prinsip hukum umum.
c.    Perjanjian internasional, kebiasaan internasional, dan yurisprudensi internasional.
d.   Putusan Mahkamah Internasional, perjanjian internasional, dan prinsip hukum umum.
e.    Kebiasaan internasional, perjanjian internasional, dan Putusan Mahkamah Internasional.

48. Sadam Husein, presiden Iraq dianggap melakukan pelanggaran HAM berat dengan usaha membunuh massal suku Kurdi di Iraq Selatan. Pelanggaran HAM ini dikenal dengan …..
a.    Kejahatan kemanusiaan.
b.   Genosida.
c.    Diskriminasi.
d.   Apartheid.
e.    Rasisme.

49.  Perhatikan pilihan di bawah ini:
1.   Pemerintahan yang sentralistis mengakibatkan kesenjangan dengan rakyatnya.
2.   Hukum yang berjalan sesuai dengan prinsip negara hukum.
3.   Pelaku ekonomi berlangsung dengan praktik Korupsi dan Nepotisme.
4.   Nilai agama dijadikan sumber tindakan dan sikap.
Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan adalah .....
a.   1, 2
b.   1, 3
c.   1, 4
d.   2, 3
e.   3, 4

50. Upaya meningkatkan jaminan keadilan dapat diwujudkan dalam berbagai aspek kehidupan seperti bidang ekonomi. Contoh upaya tersebut yaitu ….
a. menyantuni fakir miskin dan anak-anak yang terlantar.
b. memberi beasiswa.
c. meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan lingkungan hidup.
d. meningkatkan kemandirian partai politik.
e. memberi bantuan subsidi bagi warga yang tidak mampu.

Kunci Jawaban:
1.   B     
2.   D
3.   A
4.   E
5.   A
6.   C
7.   D
8.   D
9.   B
10. D
11. D
12. A
13. E
14. A
15. D
16. A
17. A
18. E
19. B
20. C
21. A
22. A
23. A
24. E
25. B
26. B
27. A
28. D
29. C
30. E
31. D
32. E
33. A
34. A
35. D
36. C
37. C
38. C
39. B
40. B
41. C
42. C
43. B
44. A
45. A
46. C
47. C
48. B
49. B
50. E

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Pembahasan Soal Try Out Tipe B Ujian Sekolah PKN 2013 Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

1 comment:

  1. Hello there! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that
    would be ok. I'm definitely enjoying your
    blog and look forward to new posts.

    Feel free to surf to my web-site ... web page ()

    ReplyDelete

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//