NO  | 
   
MATERI 
 | 
   
INDIKATOR SKL 
 | 
   
INDIKATOR SOAL 
 | 
  
1 
 | 
  
Pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya
  negara 
 | 
  
Mendeskripsikan hakikat
  bangsa dan negara. 
 | 
  
Diberikan
  pilihan unsur-unsur terbentuknya negara, peserta didik dapat menentukan sifat
  unsur-unsur terbentuknya negara.  
 | 
 
2 
 | 
  
Asal mula terjadinya negara 
 | 
  
Menjelaskan asal mula terjadinya negara 
 | 
  
Diberikan
  contoh sejarah terjadinya negara, peserta didik dapat menyebutkan asal mula
  terjadinya negara secara faktual. 
 | 
 
NO 
 | 
   
MATERI 
 | 
   
INDIKATOR SKL 
 | 
   
INDIKATOR SOAL 
 | 
  
1 
 | 
  
Pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya
  negara 
 | 
  
Mendeskripsikan hakikat
  bangsa dan negara. 
 | 
  
Diberikan
  pilihan unsur-unsur terbentuknya negara, peserta didik dapat menentukan sifat
  unsur-unsur terbentuknya negara.  
 | 
 
2 
 | 
  
Asal mula terjadinya negara 
 | 
  
Menjelaskan asal mula terjadinya negara 
 | 
  
Diberikan
  contoh sejarah terjadinya negara, peserta didik dapat menyebutkan asal mula
  terjadinya negara secara faktual. 
 | 
 
3 
 | 
  
Tujuan NKRI dalam pembukaan UUD 1945 
 | 
  
Mengidentifikasi tujuan
  NKRI 
 | 
  
Diberikan
  teori tujuan negara, peserta didik dapat mengkategorikan tujuan NKRI yang
  terdapat dalam Pembukaan UUD 1945. 
 | 
 
4 
 | 
  
Contoh contoh perilaku yang sesuai dengan
  semangat kebangsaan 
 | 
  
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan
  semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme) 
 | 
  
Diberikan
  pengertian nasionalisme, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan
  semangat kebangsaan. 
 | 
 
5 
 | 
  
Budaya Politik di Indonesia 
 | 
  
Menganalisis pengertian budaya
  politik 
 | 
  
Menganalisis pengertian budaya
  politik dalam
  masyarakat demokratis 
 | 
 
6 
 | 
  
Tipe-tipe budaya politik 
 | 
  
Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
  Indonesia 
 | 
  
Mengidentifikasi karakteristik tipe-tipe budaya politik  
 | 
 
7 
 | 
  
Fungsi dan peranan Partai Politik 
 | 
  
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik. 
 | 
  
Menjelaskan fungsi partai politik 
 | 
 
8 
 | 
  
Prinsip-prinsip demokrasi 
 | 
  
Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi. 
 | 
  
Menyebutkan macam-macam prinsip
  demokrasi. 
 | 
 
9 
 | 
  
Prinsip- prinsip demokrasi Pancasila 
 | 
  
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde
  baru, dan reformasi 
 | 
  
Membedakan pelaksanaan demokrasi  pada masa orde lama dan reformasi 
 | 
 
10 
 | 
  
Perilaku Budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
  
Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi yang perlu dikembangkan
  dalam kehidupan sehari-hari. 
 | 
 
11 
 | 
  
Partisipasi
  dalam Sistem Politik 
 | 
  
Menyebutkan partisipasi WNI
  dalam
  sistem politik. 
 | 
  
Peserta didik dapat memberi contoh sikap warga negara dalam sistem  politik. 
 | 
 
12 
 | 
  
Supra / infra struktur Politik di Indonesia 
 | 
  
Menyebutkan supra / infra strutur Politik di Indonesia 
 | 
  
Dengan
  diberi pernyataan peserta didik dapat menentukan supra / infra strutur Politik di Indonesia 
 | 
 
13 
 | 
  
Asas-asas
  hubungan Internasional 
 | 
  
Mendeskripsikan
  asas-asas hubungan
  Internasional dalam
  pergaulan antar negara 
 | 
  
Menjelaskan asas-asas yang berlaku dalam hubungan Internasional 
 | 
 
14 
 | 
  
Perjanjian Internasional 
 | 
  
Menjelaskan tahap-tahap Perjanjian Internasional 
 | 
  
Menjabarkan tahapan pembuatan perjanjian
  internasional 
 | 
 
15 
 | 
  
Perwakilan
  Diplomatik dan Konsuler 
 | 
  
Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik 
 | 
  
Mengklasifikasi tingkatan perwakilan diplomatik 
 | 
 
16 
 | 
  
Perwakilan
  Diplomatik dan Konsuler 
 | 
  
Menganalisis
  fungsi Perwakilan Diplomatik 
 | 
  
Menganalisis 
  perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler 
 | 
 
17 
 | 
  
Ciri-ciri Sistem Pemerintahan presidensial dan parlementer. 
 | 
  
Mengklasifikasi sistem
  pemerintahan presidensial dan parlementer di berbagai negara 
 | 
  
Dengan diberikan
  beberapa pernyataan, peserta
  didik dapat menunjukkan klasifikasi dari pemerintahan parlementer di negara-negara lain  
 | 
 
18 
 | 
  
Kelebihan dan kelemahan sistem presidensial dan parlementer dari berbagai
  negara 
 | 
  
Mendeskripsikan kelebihan sistem
  pemerintahan parlementer  
 | 
  
Menyebutkan kelebihan sistem pemerintahan parlementer  
 | 
 
19 
 | 
  
Pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI 
 | 
  
Mengidentifikasi
  kelebihan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI 
 | 
  
Peserta didik dapat
  menyebutkan kelebihan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI 
 | 
 
20 
 | 
  
Lembaga-lemabaga
  negara RI 
 | 
  
Menyebutkan tugas, wewenang
  lembaga negara di Indonesia
  (pasal-pasal UUD 1945) 
 | 
  
Peserta didik dapat menyebutkan tugas, wewenang lembaga negara di Indonesia (
  pasal-pasal UUD 1945 ) 
 | 
 
21 
 | 
  
Lembaga-lemabaga
  negara RI 
 | 
  
Mendeskripsikan  bentuk negara dan pemerintahan bmenurut UUD di Negara Indonesia 
 | 
  
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri  bentuk negara atau pemerintahan.  
 | 
 
22 
 | 
  
Pengaruh
  Globalissi 
 | 
  
Mengidentifikasi pengaruh globalisasi terhadap
  bangsa dan negara Indonesia. 
 | 
  
Peserta didik dapat menyikapi pengaruh globalisasi di berbagai bidang. 
 | 
 
23 
 | 
  
Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi di
  berbagai bidang 
 | 
  
Menunjukkan sikap
  selektif terhadap pengaruh globalisasi 
 | 
  
Peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya dan ekonomi 
 | 
 
24 
 | 
  
Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi di
  berbagai bidang 
 | 
  
Menunjukkan sikap
  selektif terhadap pengaruh globalisasi 
 | 
  
Menyebutkan
  solusi yang harus diambil menangani separatisme di Indonesia sebagai akibat globalisasi. 
 | 
 
25 
 | 
  
Pengertian Pers menurut
  beberapa pendapat ahli 
 | 
  
Mendeskripsikan
  pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia 
 | 
  
Peserta didik dapat
  menjelaskan pengertian pers menurut UU No.40 tahun 1999 
 | 
 
26 
 | 
  
Fungsi dan peran pers di Indonesia 
 | 
  
Mendeskripsikan
  pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia 
 | 
  
Peserta didik dapat
  menyebutkan fungsi pers.  
 | 
 
27 
 | 
  
Perkembangan pers pada masa belanda, jepang,
  orla, orba dan reformasi 
 | 
  
Mendeskripsikan
  pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia 
 | 
  
Peserta didik dapat menjelaskan  perkembangan pers. 
 | 
 
28 
 | 
  
Kode etik jurnalistik 
 | 
  
Menganalisis pers yang
  bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat
  demokratis Indonesia 
 | 
  
Peserta didik dapat mengidentifikasi kode etik jurnalistik
  wartawan Indonesia. 
 | 
 
29 
 | 
  
Pengertian kebebasan pers dalam masyarakat
  demokratis 
 | 
  
Menganalisis pers yang
  bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat
  demokratis Indonesia 
 | 
  
Peserta didik dapat
  menganalisis kebebasan pers dalam masyarakat demokratis Indonesia. 
 | 
 
30 
 | 
  
Dampak-dampak penyalahgunaan pers dan
  contoh-contohnya 
 | 
  
Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media
  massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia 
 | 
  
Peserta didik dapat
  menunjukkan akibat penyalahgunaan kebebasan
  pers.  
 | 
 
31 
 | 
  
Dampak-dampak penyalahgunaan pers dan
  contoh-contohnya 
 | 
  
Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media
  massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia 
 | 
  
Dengan diberikan contoh
  kasus, peserta didik dapat menjelaskan
  dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam mayarakat demokratis di
  Indonesia. 
 | 
 
32 
 | 
  
Nilai
  dan Norma 
 | 
  
Mengidentifikasi nilai dan norma 
 | 
  
Peserta didik dapat mendeskripsikan makna nilai  bagi kehidupan manusia. 
 | 
 
33 
 | 
  
Hubungan
  dasar negara dengan konstitusi 
 | 
  
Menjelaskan hubungan dasar
  negara dengan konstitusi 
 | 
  
Peserta didik dapat menjelaskan
  hubungan dasar negara dengan konstitusi. 
 | 
 
34 
 | 
  
Hubungan
  dasar negara dengan konstitusi 
 | 
  
Menganalisis perubahan
  konstitusi bagi sebuah negara 
 | 
  
Peserta
  didik dapat menjelaskan perubahan konstitusi. 
 | 
 
35 
 | 
  
Pengamalan
  Konstitusi 
 | 
  
Mendeskripsikan pengamalan
  konstitusi 
 | 
  
Peserta didik dapat menunjukan contoh / pengamalan sikap positif terhadap konstitusi di Indonesia. 
 | 
 
36 
 | 
  
Pengertian dan ciri-ciri ideologi terbuka 
 | 
  
Mendeskripsikan
  Pancasila sebagai Ideologi terbuka  
 | 
  
Siswa dapat menjelaskan
  Pancasila sebagai Ideologi terbuka 
 | 
 
37 
 | 
  
Ideologi terbuka 
 | 
  
Menganalisis
  dimensi
  Pancasila sebagai Ideologi terbuka 
 | 
  
Peserta didik dapat menjelaskan dimensi Pancasila sebagai Ideologi terbuka 
 | 
 
38 
 | 
  
Pancasila sebagai paradigma pembangunan 
 | 
  
Menampilkan sikap
  positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka 
 | 
  
Siswa dapat menyebutkan
  contoh sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi terbuka untuk
  mengantisipasi paradigma reformasi 
 | 
 
39 
 | 
  
Butir-butir Pancasila 
 | 
  
Menampilkan sikap
  positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka 
 | 
  
Siswa dapat menyebutkan
  contoh sikap positif berdasarkan sila-sila Pancasila 
 | 
 
40 
 | 
  
Penegakan HAM dan implikasinya 
 | 
  
Menganalisis penegakan HAM di
  indonesia 
 | 
  
Dengan
  diberikan pengertian hak asasi manusia peserta didik dapat menyebutkan macam-macam hak
  asasi manusia menurut sifatnya. 
 | 
 
41 
 | 
  
Pelanggaran
  HAM Internasional 
 | 
  
Menunjukkan bentuk-bentuk pelanggaran HAM
  internasional 
 | 
  
Dengan memberikan arti pelanggaran
  HAM berat peserta didik dapat menyebutkan tindakan kejahatan yang termasuk pelanggaran HAM berat. 
 | 
 
42 
 | 
  
Konsekwensi
  pelanggaran HAM oleh suatu negara. 
 | 
  
Menguraikan proses dalam upaya pemajuan,
  penghormatan dan penegakan HAM 
 | 
  
Dengan pemberian akibat
  pelanggaran HAM di suatu negara peserta didik dapat menyebutkan konsekuensi suatu
  negara yang tidak menegakan HAM di negaranya. 
 | 
 
43 
 | 
  
Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM 
 | 
  
Menyebutkan macam-macam
  instrumen HAM. 
 | 
  
Dengan perlindungan HAM dimuat
  dalam hukum peserta didik dapat menyebutkan instrumen yang mengandung unsur perlindungan dan penegakan
  HAM. 
 | 
 
44 
 | 
  
Penggolongan hukum 
 | 
  
Mendeskripsikan macam-macam penggolongan hukum 
 | 
  
Diberikan
  penggolongan hukum, peserta didik dapat menyebutkan
  macam-macam penggolongan hukum. 
 | 
 
45 
 | 
  
Fungsi hukum 
 | 
  
Menjelaskan fungsi hukum di Indonesia 
 | 
  
Diberikan fungsi-fungsi hukum, peserta didik dapat menjelaskan fungsi
  perlindungan sebagai salah satu fungsi hukum. 
 | 
 
46 
 | 
  
Tingkatan lembaga peradilan 
 | 
  
Mengemukakan tingkat-tingkat lembaga peradilan 
 | 
  
Dengan
  diberikan bagan badan peradilan di Indonesia, peserta didik dapat melengkapi bagan
  badan peradilan di bawah MA. 
 | 
 
47 
 | 
  
Sikap dan perilaku taat hukum 
 | 
  
Menerapkan sikap dan
  perilaku yang sesuai dengan ketentuan hukum di lingkungan sekolah dan
  masyarakat.      
 | 
  
Diberikan
  manfaat perilaku sadar hukum, siswa dapat menyebutkan sikap dan perbuatan yang
  sesuai dengan hukum. 
 | 
 
48 
 | 
  
Sumber-sumber
  Hukum Internasional 
 | 
  
Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional 
 | 
  
Mengidentifikasi
  sumber hukum formal hukum Internasional 
 | 
 
49 
 | 
  
Sengketa
  internasional 
 | 
  
Menjelaskan
  penyebab  timbulnya sengketa
  internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional 
 | 
  
Menyebutkan
  contoh sengketa
  internasional 
 | 
 
50 
 | 
  
Keterbukaan dan keadilan 
 | 
  
Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dan  keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
  bernegara 
 | 
  
Peserta didik dapat menjelaskan makna atau pentingnya  keterbukaan dan keadilan dalam
  kehidupan berbangsa dan bernegara  
 | 
 
Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Kisi-Kisi Ujian Sekolah PKN Terbaru 
Semoga bermanfaat. 
Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. 
Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.
terimakasih banyak, sangat membantu :)
BalasHapusIni untuk smp kan?
BalasHapusMksh pak .....
BalasHapus