Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Thursday, 28 February 2013

Kisi-Kisi Ujian Sekolah PKN Terbaru

Rochimudin | Thursday, 28 February 2013 | 04:40 |
Kisi-Kisi Ujian Sekolah PKN Terbaru


NO
MATERI
INDIKATOR SKL
INDIKATOR SOAL
1
Pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya negara
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan negara.

Diberikan pilihan unsur-unsur terbentuknya negara, peserta didik dapat menentukan sifat unsur-unsur terbentuknya negara.
2
Asal mula terjadinya negara
Menjelaskan asal mula terjadinya negara

Diberikan contoh sejarah terjadinya negara, peserta didik dapat menyebutkan asal mula terjadinya negara secara faktual.


NO
MATERI
INDIKATOR SKL
INDIKATOR SOAL
1
Pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya negara
Mendeskripsikan hakikat bangsa dan negara.

Diberikan pilihan unsur-unsur terbentuknya negara, peserta didik dapat menentukan sifat unsur-unsur terbentuknya negara.
2
Asal mula terjadinya negara
Menjelaskan asal mula terjadinya negara

Diberikan contoh sejarah terjadinya negara, peserta didik dapat menyebutkan asal mula terjadinya negara secara faktual.
3
Tujuan NKRI dalam pembukaan UUD 1945
Mengidentifikasi tujuan NKRI

Diberikan teori tujuan negara, peserta didik dapat mengkategorikan tujuan NKRI yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.
4
Contoh contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)

Diberikan pengertian nasionalisme, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan semangat kebangsaan.
5
Budaya Politik di Indonesia
Menganalisis pengertian budaya politik
Menganalisis pengertian budaya politik dalam masyarakat demokratis
6
Tipe-tipe budaya politik
Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
Mengidentifikasi karakteristik tipe-tipe budaya politik
7
Fungsi dan peranan Partai Politik
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik.
Menjelaskan fungsi partai politik
8
Prinsip-prinsip demokrasi
Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi.
Menyebutkan macam-macam prinsip demokrasi.
9
Prinsip- prinsip demokrasi Pancasila
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru, dan reformasi
Membedakan pelaksanaan demokrasi  pada masa orde lama dan reformasi
10
Perilaku Budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.
11
Partisipasi dalam Sistem Politik
Menyebutkan partisipasi WNI dalam sistem politik.
Peserta didik dapat memberi contoh sikap warga negara dalam sistem  politik.
12
Supra / infra struktur Politik di Indonesia
Menyebutkan supra / infra strutur Politik di Indonesia
Dengan diberi pernyataan peserta didik dapat menentukan supra / infra strutur Politik di Indonesia
13
Asas-asas hubungan Internasional
Mendeskripsikan asas-asas hubungan Internasional dalam pergaulan antar negara
Menjelaskan asas-asas yang berlaku dalam hubungan Internasional
14
Perjanjian Internasional
Menjelaskan tahap-tahap Perjanjian Internasional
Menjabarkan tahapan pembuatan perjanjian internasional
15
Perwakilan Diplomatik dan Konsuler
Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik
Mengklasifikasi tingkatan perwakilan diplomatik
16
Perwakilan Diplomatik dan Konsuler
Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik
Menganalisis  perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
17
Ciri-ciri Sistem Pemerintahan presidensial dan parlementer.

Mengklasifikasi sistem pemerintahan presidensial dan parlementer di berbagai negara

Dengan diberikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan klasifikasi dari pemerintahan parlementer di negara-negara lain
18
Kelebihan dan kelemahan sistem presidensial dan parlementer dari berbagai negara
Mendeskripsikan kelebihan sistem pemerintahan parlementer

Menyebutkan kelebihan sistem pemerintahan parlementer

19
Pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI
Mengidentifikasi kelebihan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI

Peserta didik dapat menyebutkan kelebihan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI

20
Lembaga-lemabaga negara RI
Menyebutkan tugas, wewenang lembaga negara di Indonesia (pasal-pasal UUD 1945)
Peserta didik dapat menyebutkan tugas, wewenang lembaga negara di Indonesia ( pasal-pasal UUD 1945 )

21
Lembaga-lemabaga negara RI
Mendeskripsikan  bentuk negara dan pemerintahan bmenurut UUD di Negara Indonesia
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri  bentuk negara atau pemerintahan.
22
Pengaruh Globalissi
Mengidentifikasi pengaruh globalisasi terhadap bangsa dan negara Indonesia.
Peserta didik dapat menyikapi pengaruh globalisasi di berbagai bidang.
23
Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi di berbagai bidang
Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi
Peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya dan ekonomi
24
Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi di berbagai bidang
Menunjukkan sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi

Menyebutkan solusi yang harus diambil menangani separatisme di Indonesia sebagai akibat globalisasi.
25
Pengertian Pers menurut beberapa pendapat ahli
Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

Peserta didik dapat menjelaskan pengertian pers menurut UU No.40 tahun 1999

26
Fungsi dan peran pers di Indonesia
Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia

Peserta didik dapat menyebutkan fungsi pers.
27
Perkembangan pers pada masa belanda, jepang, orla, orba dan reformasi
Mendeskripsikan pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
Peserta didik dapat menjelaskan  perkembangan pers.


28
Kode etik jurnalistik
Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis Indonesia
Peserta didik dapat mengidentifikasi kode etik jurnalistik wartawan Indonesia.

29
Pengertian kebebasan pers dalam masyarakat demokratis
Menganalisis pers yang bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat demokratis Indonesia
Peserta didik dapat menganalisis kebebasan pers dalam masyarakat demokratis Indonesia.

30
Dampak-dampak penyalahgunaan pers dan contoh-contohnya
Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
Peserta didik dapat menunjukkan akibat penyalahgunaan kebebasan pers.


31
Dampak-dampak penyalahgunaan pers dan contoh-contohnya
Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
Dengan diberikan contoh kasus, peserta didik dapat menjelaskan dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam mayarakat demokratis di Indonesia.
32
Nilai dan Norma
Mengidentifikasi nilai dan norma

Peserta didik dapat mendeskripsikan makna nilai  bagi kehidupan manusia.
33
Hubungan dasar negara dengan konstitusi
Menjelaskan hubungan dasar negara dengan konstitusi
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan dasar negara dengan konstitusi.
34
Hubungan dasar negara dengan konstitusi
Menganalisis perubahan konstitusi bagi sebuah negara
Peserta didik dapat menjelaskan perubahan konstitusi.
35
Pengamalan Konstitusi
Mendeskripsikan pengamalan konstitusi
Peserta didik dapat menunjukan contoh / pengamalan sikap positif terhadap konstitusi di Indonesia.
36
Pengertian dan ciri-ciri ideologi terbuka
Mendeskripsikan Pancasila sebagai Ideologi terbuka
Siswa dapat menjelaskan Pancasila sebagai Ideologi terbuka
37
Ideologi terbuka
Menganalisis dimensi Pancasila sebagai Ideologi terbuka

Peserta didik dapat menjelaskan dimensi Pancasila sebagai Ideologi terbuka
38
Pancasila sebagai paradigma pembangunan
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Siswa dapat menyebutkan contoh sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi terbuka untuk mengantisipasi paradigma reformasi
39
Butir-butir Pancasila
Menampilkan sikap positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
Siswa dapat menyebutkan contoh sikap positif berdasarkan sila-sila Pancasila
40
Penegakan HAM dan implikasinya
Menganalisis penegakan HAM di indonesia
Dengan diberikan pengertian hak asasi manusia peserta didik dapat menyebutkan macam-macam hak asasi manusia menurut sifatnya.
41
Pelanggaran HAM Internasional
Menunjukkan bentuk-bentuk pelanggaran HAM internasional

Dengan memberikan arti pelanggaran HAM berat peserta didik dapat menyebutkan tindakan kejahatan yang termasuk pelanggaran HAM berat.
42
Konsekwensi pelanggaran HAM oleh suatu negara.
Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakan HAM

Dengan pemberian akibat pelanggaran HAM di suatu negara peserta didik dapat menyebutkan konsekuensi suatu negara yang tidak menegakan HAM di negaranya.
43
Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM

Menyebutkan macam-macam instrumen HAM.

Dengan perlindungan HAM dimuat dalam hukum peserta didik dapat menyebutkan instrumen yang mengandung unsur perlindungan dan penegakan HAM.
44
Penggolongan hukum
Mendeskripsikan macam-macam penggolongan hukum
Diberikan penggolongan hukum, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam penggolongan hukum.
45
Fungsi hukum
Menjelaskan fungsi hukum di Indonesia

Diberikan fungsi-fungsi hukum, peserta didik dapat menjelaskan fungsi perlindungan sebagai salah satu fungsi hukum.
46
Tingkatan lembaga peradilan
Mengemukakan tingkat-tingkat lembaga peradilan
Dengan diberikan bagan badan peradilan di Indonesia, peserta didik dapat melengkapi bagan badan peradilan di bawah MA.
47
Sikap dan perilaku taat hukum
Menerapkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan ketentuan hukum di lingkungan sekolah dan masyarakat.    
Diberikan manfaat perilaku sadar hukum, siswa dapat menyebutkan sikap dan perbuatan yang sesuai dengan hukum.
48
Sumber-sumber Hukum Internasional
Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional
Mengidentifikasi sumber hukum formal hukum Internasional
49
Sengketa internasional
Menjelaskan penyebab  timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
Menyebutkan contoh sengketa internasional
50
Keterbukaan dan keadilan
Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dan  keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Peserta didik dapat menjelaskan makna atau pentingnya  keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Kisi-Kisi Ujian Sekolah PKN Terbaru Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

3 comments:

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//