NO |
MATERI
|
INDIKATOR SKL
|
INDIKATOR SOAL
|
1
|
Pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya
negara
|
Mendeskripsikan hakikat
bangsa dan negara.
|
Diberikan
pilihan unsur-unsur terbentuknya negara, peserta didik dapat menentukan sifat
unsur-unsur terbentuknya negara.
|
2
|
Asal mula terjadinya negara
|
Menjelaskan asal mula terjadinya negara
|
Diberikan
contoh sejarah terjadinya negara, peserta didik dapat menyebutkan asal mula
terjadinya negara secara faktual.
|
NO
|
MATERI
|
INDIKATOR SKL
|
INDIKATOR SOAL
|
1
|
Pengertian negara dan unsur-unsur terbentuknya
negara
|
Mendeskripsikan hakikat
bangsa dan negara.
|
Diberikan
pilihan unsur-unsur terbentuknya negara, peserta didik dapat menentukan sifat
unsur-unsur terbentuknya negara.
|
2
|
Asal mula terjadinya negara
|
Menjelaskan asal mula terjadinya negara
|
Diberikan
contoh sejarah terjadinya negara, peserta didik dapat menyebutkan asal mula
terjadinya negara secara faktual.
|
3
|
Tujuan NKRI dalam pembukaan UUD 1945
|
Mengidentifikasi tujuan
NKRI
|
Diberikan
teori tujuan negara, peserta didik dapat mengkategorikan tujuan NKRI yang
terdapat dalam Pembukaan UUD 1945.
|
4
|
Contoh contoh perilaku yang sesuai dengan
semangat kebangsaan
|
Menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan
semangat kebangsaan (nasionalisme dan patriotisme)
|
Diberikan
pengertian nasionalisme, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan
semangat kebangsaan.
|
5
|
Budaya Politik di Indonesia
|
Menganalisis pengertian budaya
politik
|
Menganalisis pengertian budaya
politik dalam
masyarakat demokratis
|
6
|
Tipe-tipe budaya politik
|
Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
Indonesia
|
Mengidentifikasi karakteristik tipe-tipe budaya politik
|
7
|
Fungsi dan peranan Partai Politik
|
Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik.
|
Menjelaskan fungsi partai politik
|
8
|
Prinsip-prinsip demokrasi
|
Mendeskripsikan prinsip-prinsip budaya demokrasi.
|
Menyebutkan macam-macam prinsip
demokrasi.
|
9
|
Prinsip- prinsip demokrasi Pancasila
|
Menganalisis pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde
baru, dan reformasi
|
Membedakan pelaksanaan demokrasi pada masa orde lama dan reformasi
|
10
|
Perilaku Budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menampilkan perilaku budaya demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi yang perlu dikembangkan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
11
|
Partisipasi
dalam Sistem Politik
|
Menyebutkan partisipasi WNI
dalam
sistem politik.
|
Peserta didik dapat memberi contoh sikap warga negara dalam sistem politik.
|
12
|
Supra / infra struktur Politik di Indonesia
|
Menyebutkan supra / infra strutur Politik di Indonesia
|
Dengan
diberi pernyataan peserta didik dapat menentukan supra / infra strutur Politik di Indonesia
|
13
|
Asas-asas
hubungan Internasional
|
Mendeskripsikan
asas-asas hubungan
Internasional dalam
pergaulan antar negara
|
Menjelaskan asas-asas yang berlaku dalam hubungan Internasional
|
14
|
Perjanjian Internasional
|
Menjelaskan tahap-tahap Perjanjian Internasional
|
Menjabarkan tahapan pembuatan perjanjian
internasional
|
15
|
Perwakilan
Diplomatik dan Konsuler
|
Menganalisis fungsi Perwakilan Diplomatik
|
Mengklasifikasi tingkatan perwakilan diplomatik
|
16
|
Perwakilan
Diplomatik dan Konsuler
|
Menganalisis
fungsi Perwakilan Diplomatik
|
Menganalisis
perbedaan perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler
|
17
|
Ciri-ciri Sistem Pemerintahan presidensial dan parlementer.
|
Mengklasifikasi sistem
pemerintahan presidensial dan parlementer di berbagai negara
|
Dengan diberikan
beberapa pernyataan, peserta
didik dapat menunjukkan klasifikasi dari pemerintahan parlementer di negara-negara lain
|
18
|
Kelebihan dan kelemahan sistem presidensial dan parlementer dari berbagai
negara
|
Mendeskripsikan kelebihan sistem
pemerintahan parlementer
|
Menyebutkan kelebihan sistem pemerintahan parlementer
|
19
|
Pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI
|
Mengidentifikasi
kelebihan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI
|
Peserta didik dapat
menyebutkan kelebihan pelaksanaan sistem pemerintahan negara RI
|
20
|
Lembaga-lemabaga
negara RI
|
Menyebutkan tugas, wewenang
lembaga negara di Indonesia
(pasal-pasal UUD 1945)
|
Peserta didik dapat menyebutkan tugas, wewenang lembaga negara di Indonesia (
pasal-pasal UUD 1945 )
|
21
|
Lembaga-lemabaga
negara RI
|
Mendeskripsikan bentuk negara dan pemerintahan bmenurut UUD di Negara Indonesia
|
Peserta didik dapat menyebutkan ciri-ciri bentuk negara atau pemerintahan.
|
22
|
Pengaruh
Globalissi
|
Mengidentifikasi pengaruh globalisasi terhadap
bangsa dan negara Indonesia.
|
Peserta didik dapat menyikapi pengaruh globalisasi di berbagai bidang.
|
23
|
Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi di
berbagai bidang
|
Menunjukkan sikap
selektif terhadap pengaruh globalisasi
|
Peserta didik dapat menyebutkan dampak negatif globalisasi di bidang sosial budaya dan ekonomi
|
24
|
Sikap selektif terhadap pengaruh globalisasi di
berbagai bidang
|
Menunjukkan sikap
selektif terhadap pengaruh globalisasi
|
Menyebutkan
solusi yang harus diambil menangani separatisme di Indonesia sebagai akibat globalisasi.
|
25
|
Pengertian Pers menurut
beberapa pendapat ahli
|
Mendeskripsikan
pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
|
Peserta didik dapat
menjelaskan pengertian pers menurut UU No.40 tahun 1999
|
26
|
Fungsi dan peran pers di Indonesia
|
Mendeskripsikan
pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
|
Peserta didik dapat
menyebutkan fungsi pers.
|
27
|
Perkembangan pers pada masa belanda, jepang,
orla, orba dan reformasi
|
Mendeskripsikan
pengertian, fungsi dan peran serta perkembangan pers di Indonesia
|
Peserta didik dapat menjelaskan perkembangan pers.
|
28
|
Kode etik jurnalistik
|
Menganalisis pers yang
bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat
demokratis Indonesia
|
Peserta didik dapat mengidentifikasi kode etik jurnalistik
wartawan Indonesia.
|
29
|
Pengertian kebebasan pers dalam masyarakat
demokratis
|
Menganalisis pers yang
bebas dan bertanggung jawab sesuai kode etik jurnalistik dalam masyarakat
demokratis Indonesia
|
Peserta didik dapat
menganalisis kebebasan pers dalam masyarakat demokratis Indonesia.
|
30
|
Dampak-dampak penyalahgunaan pers dan
contoh-contohnya
|
Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media
massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
|
Peserta didik dapat
menunjukkan akibat penyalahgunaan kebebasan
pers.
|
31
|
Dampak-dampak penyalahgunaan pers dan
contoh-contohnya
|
Mengevaluasi kebebasan pers dan dampak penyalahgunaan kebebasan media
massa dalam masyarakat demokratis di Indonesia
|
Dengan diberikan contoh
kasus, peserta didik dapat menjelaskan
dampak penyalahgunaan kebebasan media massa dalam mayarakat demokratis di
Indonesia.
|
32
|
Nilai
dan Norma
|
Mengidentifikasi nilai dan norma
|
Peserta didik dapat mendeskripsikan makna nilai bagi kehidupan manusia.
|
33
|
Hubungan
dasar negara dengan konstitusi
|
Menjelaskan hubungan dasar
negara dengan konstitusi
|
Peserta didik dapat menjelaskan
hubungan dasar negara dengan konstitusi.
|
34
|
Hubungan
dasar negara dengan konstitusi
|
Menganalisis perubahan
konstitusi bagi sebuah negara
|
Peserta
didik dapat menjelaskan perubahan konstitusi.
|
35
|
Pengamalan
Konstitusi
|
Mendeskripsikan pengamalan
konstitusi
|
Peserta didik dapat menunjukan contoh / pengamalan sikap positif terhadap konstitusi di Indonesia.
|
36
|
Pengertian dan ciri-ciri ideologi terbuka
|
Mendeskripsikan
Pancasila sebagai Ideologi terbuka
|
Siswa dapat menjelaskan
Pancasila sebagai Ideologi terbuka
|
37
|
Ideologi terbuka
|
Menganalisis
dimensi
Pancasila sebagai Ideologi terbuka
|
Peserta didik dapat menjelaskan dimensi Pancasila sebagai Ideologi terbuka
|
38
|
Pancasila sebagai paradigma pembangunan
|
Menampilkan sikap
positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
|
Siswa dapat menyebutkan
contoh sikap positif terhadap Pancasila sebagai Ideologi terbuka untuk
mengantisipasi paradigma reformasi
|
39
|
Butir-butir Pancasila
|
Menampilkan sikap
positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka
|
Siswa dapat menyebutkan
contoh sikap positif berdasarkan sila-sila Pancasila
|
40
|
Penegakan HAM dan implikasinya
|
Menganalisis penegakan HAM di
indonesia
|
Dengan
diberikan pengertian hak asasi manusia peserta didik dapat menyebutkan macam-macam hak
asasi manusia menurut sifatnya.
|
41
|
Pelanggaran
HAM Internasional
|
Menunjukkan bentuk-bentuk pelanggaran HAM
internasional
|
Dengan memberikan arti pelanggaran
HAM berat peserta didik dapat menyebutkan tindakan kejahatan yang termasuk pelanggaran HAM berat.
|
42
|
Konsekwensi
pelanggaran HAM oleh suatu negara.
|
Menguraikan proses dalam upaya pemajuan,
penghormatan dan penegakan HAM
|
Dengan pemberian akibat
pelanggaran HAM di suatu negara peserta didik dapat menyebutkan konsekuensi suatu
negara yang tidak menegakan HAM di negaranya.
|
43
|
Instrumen atau dasar hukum yang mengatur HAM
|
Menyebutkan macam-macam
instrumen HAM.
|
Dengan perlindungan HAM dimuat
dalam hukum peserta didik dapat menyebutkan instrumen yang mengandung unsur perlindungan dan penegakan
HAM.
|
44
|
Penggolongan hukum
|
Mendeskripsikan macam-macam penggolongan hukum
|
Diberikan
penggolongan hukum, peserta didik dapat menyebutkan
macam-macam penggolongan hukum.
|
45
|
Fungsi hukum
|
Menjelaskan fungsi hukum di Indonesia
|
Diberikan fungsi-fungsi hukum, peserta didik dapat menjelaskan fungsi
perlindungan sebagai salah satu fungsi hukum.
|
46
|
Tingkatan lembaga peradilan
|
Mengemukakan tingkat-tingkat lembaga peradilan
|
Dengan
diberikan bagan badan peradilan di Indonesia, peserta didik dapat melengkapi bagan
badan peradilan di bawah MA.
|
47
|
Sikap dan perilaku taat hukum
|
Menerapkan sikap dan
perilaku yang sesuai dengan ketentuan hukum di lingkungan sekolah dan
masyarakat.
|
Diberikan
manfaat perilaku sadar hukum, siswa dapat menyebutkan sikap dan perbuatan yang
sesuai dengan hukum.
|
48
|
Sumber-sumber
Hukum Internasional
|
Mendeskripsikan sistem hukum dan peradilan internasional
|
Mengidentifikasi
sumber hukum formal hukum Internasional
|
49
|
Sengketa
internasional
|
Menjelaskan
penyebab timbulnya sengketa
internasional dan cara penyelesaian oleh Mahkamah Internasional
|
Menyebutkan
contoh sengketa
internasional
|
50
|
Keterbukaan dan keadilan
|
Mendeskripsikan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
|
Peserta didik dapat menjelaskan makna atau pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara
|
Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Kisi-Kisi Ujian Sekolah PKN Terbaru
Semoga bermanfaat.
Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini.
Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.
Artikel Berkaitan:
Materi Kelas XII
- Peta Materi PPKn SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013
- Kompetensi Setelah mempelajari PPKn SMA/SMK/MA
- Peta Materi PPKn Kelas XII (Revisi Kurikulum 2013)
- Spanyol, Sebuah Contoh Monarkhi Parlementer
- Sejarah Percetakan
- Sistem Pemerintahan Inggris
- Pengaruh Media dalam Berita Kasus Tasripin yang Menghidupi Ketiga Adiknya
- Peta Materi PKn Kelas 12
- Pembahasan Soal Try Out Tipe B Ujian Sekolah PKN 2013
- Pembahasan Soal Try Out Tipe A Ujian Sekolah PKN 2013
- KISI-KISI SOAL PKN TRY OUT UJIAN SEKOLAH 2012/2013
- Pengaruh positif dan negatif dari globalisasi
- Ciri dan Definisi Globalisasi
- Pancasila sebagai Ideologi Terbuka
- Pengertian & Peranan Pers
terimakasih banyak, sangat membantu :)
BalasHapusIni untuk smp kan?
BalasHapusMksh pak .....
BalasHapus