Selamat Membaca. Semoga dapat membantu Anda dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan”.

Tuesday, 5 February 2013

Arti Penting Hubungan Internasional

Rochimudin | Tuesday, 5 February 2013 | 00:42 |
Prof. Mochtar Kusumaatmadja
Menurut Prof. Mochtar Kusumaatmadja, hubungan dan kerjasama antar bangsa itu timbul karena adanya kebutuhan yang disebabkan oleh pembagian kekayaan alam dan perkembangan industri yang tidak merata di dunia. Hubungan antar negara, merupakan salah satu hubungan kerjasama yang mutlak diperlukan, karena tidak ada satu negarapun di dunia yang tidak bergantung kepada negara lain. Hal ini disebabkan oleh 2 faktor yaitu :

1. Faktor Internal, yaitu adanya kekhawatiran akan adanya kudeta dan intervensi dari negara lain.

2. Faktor Eksternal - Karena kodrat hukum alam, yaitu suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dari negara lain - Keinginan untuk menjalin komunikasi dengan negara-negara lain di dunia - Keinginan menciptakan situasi perdamaian dan kesejahteraan di negara-negara di dunia.

Oleh karena itu terdapat saling ketergantungan dan membutuhkan antar bangsa. Ketergantungan terjadi di berbagai aspek kehidupan baik perdagangan, olahraga, kebudayaan, iptek, sosial, maupun keagamaan. Hal ini menyebabkan terjadinya hubungan yang tetap dan terus menerus antar bangsa yang menumbuhkan kesadaran untuk memelihara dan mengatur hubungan tersebut. Karena bersifat tmbal balik maka ada kepentingan bersama untuk memelihara dan mengatur hubungan yang bermanfaat. Oleh karena itu pola hubungan antar bangsa atau negara perlu hubungan yang sederajat saling menghargai.

Dari beberapa faktor dan penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan mengenai arti penting hubungan internasional yaitu
  • 1. Menciptakan hidup berdampingan secara damai. 
  • 2. Mengembangkan penyelesaian masalah secara damai dan diplomasi. 
  • 3. Membangun solidaritas dan saling menghormati antar bangsa. 
  • 4. Berpartisipasi dalam melaksanakan ketertiban dunia 
  • 5. Menjamin kelangsungan hidup bangsa dan nrgara di tengah bangsa-bangsa lain. 

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi suatu negara dalam mengadakan hubungan internasional yaitu: 
  • 1. Kekuatan Nasional 
  • 2. Jumlah Penduduk 
  • 3. Sumber Daya 
  • 4. Letak Geografis 

Konsekuensi dari faktor di atas yaitu jika suatu negara kuat dalam faktor-faktor tersebut maka negara tersebut cenderung untuk tidak memerlukan hubungan internasional karena sudah mampu mencukupi kebutuhan negaranya. Sebaliknya jika suatu negara lemah dalam salah satu faktor diatas maka wajib melakukan hubungan internasional untuk memenuhi kebutuhan negaranya.
Contoh hubungan bilateral Indonesia dengan Hongaria:


(dok video Pusat Berita: www.youtube.com)

Referensi:
  • Bambang Suteng, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga 
  • http://www.youtube.com/watch?v=AsRW_nr5VhQ 

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Arti Penting Hubungan Internasional Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

24 comments:

  1. pak,terimakasih karena atas modul yang telah bapak berikan saya dapat mempelajari berbagai hal antara lai:
    1)pengertian hubungan internasional-pentingnya hubungan internasional-sarana-sarana hubungan internasional
    2)penggolongan organisasi internasional-macam2 organisasi internasional-pengertian organisasi internasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, semoga weblog ini dapat menambah konten yang anda butuhkan.

      Delete
  2. pak saya mau tanya,
    1)Apa dasar terjadinya Perjanjian Internasional?
    2)Apa contoh pelanggaran perjanjian antar negara yang salah satu negaranya melanggar perjanjian yang dibuatnya?
    Sekian pak pertanyaan dari saya.Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Dasar atau alasan terjadinya perjanjian internasional antara lain kebutuhan suatu atau beberapa negara yang tidak/sulit dipenuhi di dalam negeri, adanya masalah seperti perbatasan, penyelundupan, trans national crime, dll. Kalau dasar hukumnya di RI yaitu pasal 11 UUD 1945, UU NO. 24 tahun 2000.
      2. Yang sering terjadi adalah pelanggaran batas wilayah udara dan perairan dengan masuknya pesawat atau kapal ke wilayah teritorial. Intervensi suatu negara ke negara lain padahal bertentangan dengan asas hukum internasional.

      Delete
  3. pak saya mau tanya,
    1) Apa dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antarbangsa?
    2)apa yang dimaksud Nueokolonialisme?
    sekian pak pertanyaan dari saya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Negara memiliki 'teman' yang terbatas sehingga kebutuhan yang tidak dapat atau tidak cukup dipenuhi di dalam negeri akan kurang. Kalau terjadi masalah seperti bencana alam, masyarakat internasional sulit untuk membantu. Akses informasi dan internet menjadi terbatas.
      2. Neokolonialisme adalah penjajahan atau kolonialisme cara baru (msl penjajahan ekonomi, kebudayaan, dll).

      Delete
  4. saya pikir hubungan internasional itu berguna untuk setiap negara apalagi bagi negara-negara yang masih berkembang tetapi bagi negara maju juga jangan hanya mencari keuntungan bagi negara sendiri saja tetapi juga harus membantu negara lain yang masih berkembang agar semua negara di dunia dapat menjadi sejahtera dan indonesia juga sebaiknya lebih meluaskan hubungan internasional lagi ke berbagai negara-negara lain yang belum terjalin hubungan internasional
    (Ardhi N H XI IPA 4 /5)

    ReplyDelete
  5. setiap negara akan terbantu dengan adanya Hubungan Internasional. Jika kebutuhan suatu negara tidak tercukupi dari dalam negeri dapat meng-import barang dari negara lain. Artikel ini sangat bermanfaat bagi saya. Karena dengan begini saya mengerti apa itu Hubungan internasional dan beberapa faktor yang mempengaruhinya. GANA FANIA XI IPA 4/16

    ReplyDelete
  6. hubungan internasional sangatlah penting bagi kehidupan bernegara. karna hubungan internasioanal dapat membangun keutuhan bangsa dan dapat mempererat hubungan negara dengan negra lain . hubungan internasional dapat memperkecil masalah yang di hadapi oleh negara tersebut jadi kita dapat memberikan bantuan atau pun meminta bantuan kepada negara lain ketika kita sedang mengalami masalah negara.

    DITA SASMITA

    ReplyDelete
  7. hubungan internasional sangatlah penting untuk dipelajari, dan penting juga bagi setiap negara karena dengan adanya hubungan internasional maka akan membantu terciptanya hubungan yang harmonis dengan negara lain, dan untuk menumbuhkan rasa persaudaraan dan solidaritas yang tinggi pada setiap negara.
    ALIA ASTI N ( XI IPA 4 / 03 )

    ReplyDelete
  8. hubungan internasional itu penting bagi negara negara yang berkembang. dengan adanya hubungan internasional antar negara, maka negara negara tersebut dapat bekerjasama dalam berbagai hal. seperti misalnya dalam perdagangan ke luar negeri, maka hubungan internasional dapat membantu untuk memudahkannya. hubungan internasional juga dapat saling membantu negara negara tersebut dalam mengahadapi masalah masalah yang terjadi di negara negara tersebut. jadi hubungan internasional itu penting karena dapat mengakrabkan antar sesama negara.

    desi andiani d i t

    ReplyDelete
  9. hubungan internasinal sangat peting bagi tiap negara, dikarenakan masing-masing negara masih banyak membutuhkan kebutuhan mereka yang belum terpenuhi di setiap negara, terutama pada negara yag masih lemah. Dengan adanya hubungan internasional, tiap negara dapat memenuhi kebutuhan di masing-masing negara. mulai dari kebutuhan pokok hingga kebutuhan tersier. bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan saja, hubungan internasional juga dapan mempererat persaudaraan pada tiap negara dan saling menghormati antar negara. DINAR 11 ipa 4-11

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila suatu negara mengucilkan diri dari pergaulan internasional, maka pertumbuhan negara akan terhambat terutama secara ekonomi dan sosial budaya. Negara juga dapat disebut makhluk sosial yang memerlukan teman negara lain.

      Delete
  10. Menurut saya andaikan negara tidak bisa berhubungan satu sama lain maka negara akan terkucilkan

    ReplyDelete
  11. hubungan internasional sebagai subjek hukum internasional . maksudnya adalah orang atau lembaga yang dianggap melakukan hubungan yang di atur dalam hubungan internasional dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum internasional.

    Brenda Sabrina MP XI IPA 9 / 09

    ReplyDelete
  12. terimakasih atas modul yang sudah bapak berikan :)
    saya mau tanya pak
    1. apakah contoh hubungan internasional sebagai law of reciprocity?
    2. sebutkan contoh hubungan internasional sebagai law of power?
    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya hukum internasional sebagai law of reciprocity yaitu hukum internasional memberi rumusan bagi setiap negara di seluruh dunia dalam forum PBB, yaitu sebagai negara anggota PBB baik kecil maupun besar memiliki hak suara yang sama. Biasanya law of reciprocity diakui oleh negara-negara yang dikenal lemah sebagai tempat berlindung terhadap ancaman-ancaman dari negara-negara besar.Sebagai law of power yaitu hukum internasional hanyalah sekedar alat untuk merumuskan kekuasaan dari suatu negara yang telah dapat mencapai tujuannya dengan memaksa negara lain untuk kepadanya. lihat di http://pkndisma.blogspot.com/2013/02/pembagian-hukum-internasional-menurut.html

      Delete
  13. Pak, dimana ditemukan referensi yang membahas bahwa hubungan dua negara harus dilakukan resiprokal dan mutual benefit? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba baca di blog ini artikel tentang pembagian hukum internasional menurut Schwarzenberger dan pola hubungan internasional antarbangsa.

      Delete
  14. Trimakasih atas modul yang telah bapak berikan..
    Bapak Saya mau bertanya.. . apa pentingya hubungan internasional dengan Globalisasi.?

    ReplyDelete
  15. Trimakasih atas modul yang telah bapak berikan..
    Bapak Saya mau bertanya.. . apa pentingya hubungan internasional dengan Globalisasi.?

    ReplyDelete
  16. globalisasi telah membuat dunia lebih kecil dan tanpa sekat sehingga hubungan internasional adalah kebutuhan dan mau tidak mau dilaksanakan.

    ReplyDelete
  17. Pak saya mau tanya.
    Kenapa ada pelanggaran hubungan internasional?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena ada negara atau subjek dalam HI yang memaksakan kepentingannya terhadap negara atau subjek lainnya. Disamping itu kurangnya penghormatan terhadap asas-asas HI juga dapat menyebabkan konflik HI.

      Delete

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//