Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Monday, 21 October 2013

Agustus 2013, Utang Luar Negeri RI US$ 257,3 miliar atau sekitar Rp 2.850 triliun

Rochimudin | Monday, 21 October 2013 | 22:27 |
(dok: cepyhr.com)
Sebenarnya berapakah total jumlah utang luar negeri Indonesia? Bagaimana cara melunasinya? Apakah negara dalam keadaan bangkrut atau gagal terutama dalam mengelola perekonomian? Mari kita simak jawabannya berikut ini.

Inilah berita yang dimuat bisnis.news.viva.co.id Senin, 21 Oktober 2013, Bank Indonesia mencatat utang luar negeri Indonesia pada Agustus 2013 mencapai US$257,3 miliar atau sekitar Rp 2.850 triliun. Jumlah tersebut turun 0,9 persen dibandingkan posisi Juli 2013 sebesar US$ 259,61 miliar.


Sejalan dengan itu, pertumbuhan tahunan utang luar negeri pada Agustus 2013 tercatat 6,6 persen (yoy), atau melambat dibandingkan Juli 2013 sebesar 7,4 persen (yoy).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Difi A Johansyah, menilai, tren menurunnya pertumbuhan utang luar negeri Indonesia tersebut sejalan dengan tren melambatnya perekonomian domestik.

Ilustrasi utang tahun 2010 (dok: poskota.co.id)
Sebelumnya, poskota.co.id pada 6 Desember 2011 memberitakan bahwa Aktivis Koalisi Anti-Utang, Dani Setiawan, utang negara di era Presiden SBY terus meninggi. Tetapi manfaatnya tidak terukur dan terdeteksi. Padahal sepuluh tahun lalu masih Rp1.273 triliun. Kini Rp1.768 triliun atau naik rata-rata Rp50 triliun per tahun.

Data Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan menunjukkan, pada 2010 jumlah utang Rp1.676 triliun. Artinya, dalam setahun terakhir utang bertambah Rp91,19 triliun. Bila beban utang dibagi rata kepada 237 juta penduduk Indonesia, termasuk bayi sudah harus memikul utang Rp7,4 juta. Lebih berat lagi, utang itu 45 persen berbentuk mata uang dolar AS.

Pertanyaan berapa jumlah utang luar negeri sudah terjawab. Kemudian bagaimana cara melunasi, tentu saja dengan membayarnya. Bayar dengan uang dari mana?

Ada beberapa cara agar utang luar negeri segera lunas, antara lain:
1. Efesiensi anggaran pemerintah
  • Anggaran pemerintah diharapkan efektif atau tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan (standar). Apabila ini dapat dikendalikan maka diperoleh dana sisa untuk simpanan.
2. Menekan atau menghilangkan Korupsi
  • Salah satu cara mengatasi korupsi yaitu secara preventif atau pencegahan dan represif atau penindakan. Upaya preventif seperti aturan hukum yang jelas dan bersanksi tegas dan keras, pendidikan anti korupsi, kampanye anti korupsi, pengawasan melekat, dan sebagainya. Sedangkan upaya represif yaitu dengan penindakan tegas yang dilakukan aparat penegak hukum dengan sanksi yang luar biasa. Korupsi membuat keuangan negara tergerus dan imbasnya masyarakat miskin bertambah.
3. Memaksimalkan penerimaan negara dari pajak
  • Dalam satu tahun penerimaan dari pajak dapat mencapai 800 triliun bahkan bisa lebih. Belum lagi ditambah laba atau setoran BUMN ke kas negara. Apabila tidak ada korupsi maka sangat jelas pemasukan ini, masuk ke kas negara tanpa ada pungutan di tengah jalan.  

(dok: forumkeadilan.com)
Oleh karena itu, dengan kekompakan para pemimpin negeri ini dari segenap lapisan juga rakyat Indonesia untuk komitmen segera melunasi, maka utang itu dapat lunas dalam waktu yang tidak lama. Kita ini bangsa besar, coba lihat ketika negara kita saat kemerdekaan belum punya pesawat terbang. Masyarakat Aceh iuran atau urunan untuk membeli pesawat terbang yang selanjutnya menjadi pesawat terbang pertama cikal bakal Garuda Indonesia Airways. Maka, kembali kepada para pemimpin kita untuk menjadi teladan, terutama moral dan gaya hidupnya. Apabila dapat menjadi teladan semua maka rakyat Indonesia dapat digerakan sesuai dengan profesi dan kemampuan masing-masing. Nasionalisme bangsa masih sangat kuat didada rakyat negeri ini, tinggal bagaimana menggerakannya.

Referensi:
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/452858-bi--utang-luar-negeri-indonesia-rp2-850-triliun
http://poskota.co.id/berita-terkini/2011/12/06/rakyat-disodok-utang-rp1-768-triliun

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Agustus 2013, Utang Luar Negeri RI US$ 257,3 miliar atau sekitar Rp 2.850 triliun Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

No comments:

Post a Comment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//