Selamat Membaca. Semoga dapat membantu Anda dalam memperoleh informasi yang diinginkan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan”.

Saturday, 24 August 2013

Ganjar Resmi Dilantik Jadi Gubernur Jateng

Rochimudin | Saturday, 24 August 2013 | 15:47 |

Gubernur terpilih Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Pelantikan dilakukan di lantai IV-V DPRD Provinsi Jawa Tengah Jumat (23/8/2013) pagi.

Pelantikan Gubernur Jawa Tengah terpilih Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di lantai IV-V Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah Jumat (23/8/2013) | KOMPAS.com/PUJI UTAMI

Rapat paripurna istimewa dibuka oleh Plt Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Rukma Setiabudi. Acara pelantikan tersebut resmi dibuka mulai pukul 09.00.

Pada kesempatan itu, Rukma juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur sebelumnya Bibit Waluyo dan Wakil Gubernur Rustriningsih. Acara diawali pembacaan keputusan Presiden RI oleh Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Tengah Priyo Anggoro.

Kemudian dilanjutkan dengan sumpah jabatan yang dipimpin Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Gamawan pula yang menyematkan tanda pangkat jabatan dan kata-kata pelantikan.

Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih juga melakukan penandatanganan pakta integritas dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan. Prosesi pelantikan dilakukan kurang lebih sekitar 45 menit.

Pelantikan dihadiri sejumlah tokoh nasional seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, fungsionaris PDI Perjuangan Puan Maharani dan seluruh anggota Komisi II DPR RI. Selain itu hadir juga hadir beberapa Gubernur, seperti Gubernur Kalimantan Tengah, Gubernur Kalimantan Barat, dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sementara anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang hadir berjumlah 85 orang dari 100 anggota. Mempertimbangkan waktu yang terbatas, penyampaian ucapan selamat hanya diberikan secara singkat, antara lain oleh Menteri Dalam Negeri beserta istri, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, dan Forum Koordinasi Pimpinan Provinsi Jateng.
Hal Pertama yang dilakukan Ganjar, Tambal Jalan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku akan segera bekerja seusai resmi dilantik menjadi gubernur. "Fokus utama nanti insfastruktur, untuk 'nembel dalan' (memperbaiki jalan) agar masyarakat merasakan gebrakan itu," kata Ganjar.

Hal itu diutarakannya seusai dilantik menjadi Gubernur Jawa Tengah oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Gedung DPRD Provinsi Jawa Tengah, Jumat (23/8/2013).

Ganjar mengaku tidak memiliki program 100 hari. Namun, dia telah memiliki agenda-agenda yang segera dilakukan seusai resmi menjadi gubernur. "Ya setelah dilantik bekerja, saya sudah ada agenda 18 dan berbagai program yang tinggal dijalankan," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan dirinya mulai fokus dengan politik anggaran yakni APBD Perubahan. Diharapkan anggaran itu benar-benar bisa disesuaikan dengan berbagai programnya.

Selain itu, Ganjar juga fokus terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta perencanaan APBD 2014. Salah satu yang difokuskan yakni pembangunan infrastruktur di Jawa Tengah.

Seusai mengikuti pelantikan di Gedung DPRD, Ganjar langsung menuju Gedung Gradika Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menghadiri pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah.

Setelah pelantikan di Gedung DPRD, Ganjar terpaksa turun melalui tangga dari lantai IV karena menunggu lift terlalu lama. "Kelamaan, tak turun lewat tangga saja," ujar Ganjar.

Saat menuruni tangga tersebut, Ganjar juga menyempatkan diri bersalaman dengan sejumlah polisi yang bertugas. Ganjar memang terlihat gesit dalam melangkah, diikuti wakilnya Heru Sudjatmoko yang juga tak kalah lincah.
Pagi dilantik, Sore Ganjar "Blusukan" ke Kawasan Rob

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengunjungi kawasan rob di daerah Cilosari Dalam, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Jumat (23/8/2013) | KOMPAS.com/PUJI UTAMI
Seusai dilantik, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung bekerja. Bersama istrinya, Siti Atiqoh, ia mengunjungi kawasan rob di daerah Cilosari Dalam, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur, Jumat (23/8/2013) sore.

Mengenakan kemeja, celana, dan juga sepatu putih, Ganjar terlihat tidak canggung meski menginjak-injak lumpur. Ia pun tak peduli celana dan sepatunya kotor karena melewati jalan berlumpur.

Ganjar bersama rombongan terlihat mengecek pompa, menyusuri Sungai Kalibanger, serta melihat saluran air di rumah-rumah penduduk. Ia juga banyak mendengar keluhan warga terkait rob yang sering melanda daerah tersebut. Ganjar bersama istrinya tidak canggung saat melintas dan menyapa para penduduk di kawasan permukiman padat tersebut.

"Di Semarang ini banyak orang protes soal rob, ini kesempatan pertama dan ingin segera saya bereskan, makanya saya harus tahu seperti apa," ujarnya seusai berkeliling kampung.

Ia mengatakan, rob jelas mengganggu aktivitas masyarakat. Selain itu, juga akan berpengaruh pada kesehatan lingkungan. "Kalau begini bisa berdialog langsung dengan masyarakat, dan bisa menjadi catatan awal sehingga tahu apa yang akan dilakukan," tuturnya.

Dengan berkeliling itu, ia tahu jika di kawasan Sungai Kalibanger tersebut sudah dibangun rumah pompa. Sayangnya, sejak dibangun pada 2010 lalu hingga kini belum juga berfungsi.

"Nanti dilihat ini oleh Kota Semarang atau provinsi, kalau kota segera saya koordinasikan dengan wali kota. Kalau provinsi segera diambil langkah, kalau cepat gini kan ya cepat beres, saya tahu ini sudah ditunggu warga," jelasnya.

Sumber bacaan:
Bagaimana harapan Anda terhadap Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko selaku gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang baru (2014-2019), tuliskan harapan Anda dalam komentar blog di bawah ini.

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Ganjar Resmi Dilantik Jadi Gubernur Jateng Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

No comments:

Post a Comment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//