Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Friday, 5 April 2013

Bahasa Resmi PBB atau Official Languages

Rochimudin | Friday, 5 April 2013 | 09:21 |
Bendera negara anggota PBB
Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB memiliki enam bahasa resmi, yaitu Bahasa Arab, China, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol. Mengapa enam bahasa itu ditetapkan sebagai bahasa resmi atau official languages?
Sebagaimana dimuat di politik.kompasiana.com,  empat dari enam adalah bahasa resmi negara pemenang Perang Dunia Kedua yang mendapatkan hak menjadi anggota tetap Dewan Keamanan. Amerika Serikat dan Inggris menggunakan bahasa Inggris. Tiga pemenang perang lainnya yaitu China, Perancis, dan Rusia memiliki bahasa masing-masing.

Bahasa Arab dan Spanyol ditetapkan sebagai bahasa resmi karena merupakan dua bahasa dengan jumlah negara penutur terbanyak. Arab merupakan bahasa utama negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara. Sementara Spanyol digunakan oleh sebagian besar negara di kawasan Amerika Latin.
Negara-negara dengan bahasa resmi di luar enam bahasa tersebut di atas, umumnya menggunakan bahasa Inggris sebagai working language mereka di PBB. Indonesia masuk dalam kelompok ini. Begitu juga Jepang, Jerman, Brazil, Italia, Malaysia, Thailand, dan sejumlah negara lain.

Sebagai bahasa resmi, enam bahasa tersebut digunakan dalam komunikasi lisan maupun tertulis. Jika Sekretaris Jenderal PBB harus menulis surat kepada seluruh kepala negara di dunia, maka dia akan menuliskannya dalam enam bahasa tersebut. Kepala negara, misalnya Presiden SBY, tidak menerima surat dalam enam bahasa namun hanya satu surat yang berbahasa Inggris. Raja Saudi Arabia menerima surat dalam bahasa Arab, Presiden Senegal dalam bahasa Perancis, Presiden Guatemala dalam bahasa Spanyol, Presiden China dalam bahasa China, Presiden Belarusia dalam bahasa Rusia, dan seterusnya. Meski berbeda bahasa, isi setiap surat sama.

Enam bahasa tersebut juga digunakan dalam pertemuan resmi PBB. Dokumen resmi pertemuan disusun dalam enam bahasa. Peserta pertemuan juga boleh menggunakan enam bahasa tersebut dalam berbicara. Oleh karena itu peserta pertemuan akan saling berbicara bersahutan dengan bahasa yang berbeda. Sebagai contoh delegasi Amerika Serikat menyampaikan usulan dalam bahasa Inggris, didukung oleh delegasi Mesir dalam bahasa Arab, tapi kemudian disanggah oleh delegasi China dalam bahasa China. Delegasi Argentina kemudian menyampaikan usulan kompromi dalam bahasa Spanyol, dan delegasi Benin menyatakan dukungan atas usulan Argentina dalam bahasa Perancis.

Membingungkan?
Memang membingungkan, karena tidak semua orang menguasi enam bahasa tersebut sekaligus. Oleh karena itu diperlukan jasa peterjemah atau translator. Ketika delegasi China sedang berbicara dalam bahasa China, translator secara simultan menerjemahkannya  ke dalam enam bahasa resmi yang lain. Dengan demikian mereka tidak menguasai bahasa China dapat memahami apa yang disampaikan oleh delegasi China tersebut dan memberikan tanggapan jika diperlukan.

Lalu bagaimana delegasi dapat mendengarkan suara peterjemah?
Pada pertemuan resmi PBB umumnya disediakan transmitter dan earphone. Kedua piranti ini digunakan oleh peserta pertemuan untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh delegasi dalam bahasa kerja mereka. Pada transmitter tersedia tujuh menu. Instruksi penggunaan tombol kira-kira sebagai berikut:
  • Untuk mendengarkan pembicaraan di pertemuan tanpa terjemahan, pilih menu 0.
  • Untuk mendengarkan terjemahan dalam bahasa Arab, pilih menu 1.
  • Untuk mendengarkan terjemahan dalam bahasa China, pilih menu 2.
  • Untuk mendengarkan terjemahan dalam bahasa Inggris, pilih menu 3.
  • Untuk mendengarkan terjemahan dalam bahasa Perancis, pilih menu 4.
  • Untuk mendengarkan terjemahan dalam bahasa Rusia, pilih menu 5.
  • Untuk mendengarkan terjemahan dalam bahasa Spanyol, pilih menu 6.

Karena itulah di televisi kita sering melihat peserta pertemuan resmi PBB menggunakan earphone sambil manggut-manggut. Mereka tidak sedang mendengarkan musik untuk mengusir kantuk, namun sedang mendengarkan terjemahan dari apa yang disampaikan oleh delegasi negara lain.
Adanya enam bahasa resmi membuat fungsi translator sangat penting. Tanpa mereka delegasi tidak dapat saling berkomunikasi secara optimal karena lost in translation.

Karena perannya yang penting, translator dibayar mahal. Oleh karena itu jika pertemuan molor atau melewati jadwal yang ditentukan, sekretariat menyampaikan pengumuman bahwa pertemuan dilanjutkan tanpa translation karena tidak ada anggaran membayar lembur translator. Jika sudah begini, pertemuan dilanjutkan dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar.

Oh ya, sekarang belajar bahasa asing sedang menjadi trend seiring dengan popularitas sebuah produk atau budaya yang masuk ke negara kita. Tidak cukup dengan bahasa Inggris yang diajarkan di sekolah, banyak pelajar atau mahasiswa yang membekali diri dengan bahasa asing lain. 

Kemampuan belajar bahasa yang paling dasar adalah 
 soal kebiasaan yang dibentuk oleh sedikit disiplin dan kesadaran diri.
Sebagaimana dimuat dalam edukasi.kompas.com (2 April 2013), bagi anda yang masih bingung mencari bahasa asing apa yang bisa menjadi pilihan untuk dipelajari, maka simak hasil survei yang dilakukan oleh CBI Education & Skills Survey 2012 terkait bahasa yang berguna untuk dipelajari.




Berikut 10 bahasa yang patut dipilih:
1. Jerman.
Di urutan pertama, tentu saja ada bahasa Jerman. Bahasa ini menjadi sangat penting karena banyaknya pelajar maupun mahasiswa yang memilih untuk belajar di negara ini. Selain biaya pendidikan yang murah, suasana beberapa kota yang ada di Jerman ini cukup mendukung. Tak hanya itu, negara ini juga banyak menawarkan beasiswa dan kesempatan magang bagi mahasiswa dari luar Jerman sehingga kemampuan bahasa Jerman tentu menjadi yang utama.

2. Bahasa Prancis.
Untuk bahasa yang satu ini tak perlu ditanya lagi, banyak orang kini memilih bahasa Prancis sebagai bahasa asing lain yang wajib dikuasai selain bahasa Inggris. Bahasa yang selalu disebut sebagai bahasa paling romantis di dunia ini sangat penting untuk dipelajari karena untuk melanjutkan studi di negara ini, kemampuan bahasa Prancis yang dimiliki harus memiliki level yang mumpuni, bahkan jika memungkinkan setara dengan penutur asli.

3. Bahasa Spanyol.
Bahasa yang satu ini tentu saja cukup populer di benua biru maupun di negeri Paman Sam. Bahkan, tak sedikit universitas di Eropa maupun Amerika yang memasukkan kemampuan bahasa Spanyol dalam persyaratan masuknya. Tak hanya sekadar bisa, calon mahasiswa harus mengantongi sertifikasi kemampuan berbahasa spanyol yang diakui secara internasional yaitu DELE.

4. Bahasa Mandarin.
Bahasa resmi yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat daratan China ini memang menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari. Tak hanya di Indonesia, nyaris di seluruh dunia bahasa resmi negara yang memiliki rakyat terbesar di dunia dengan kehidupan ekonomi yang bergerak dinamis ini sudah dipelajari oleh anak-anak sejak usia dini. Biasanya, untuk sekolah-sekolah tertentu tak hanya mengajarkan bahasa Inggris saja tapi juga melengkapinya dengan bahasa Mandarin.

5. Bahasa Polandia.
Tentu tak pernah terbayangkan untuk mempelajari bahasa ini. Namun, sebagai salah satu negara yang tergabung dalam Uni Eropa ini, bahasa Polandia mulai menjadi bahasa yang patut dipelajari. Pasalnya, makin banyak mahasiswa asing yang kini berdatangan untuk menuntut ilmu ke negara ini.

6. Bahasa Arab.
Tak ada yang menyangkal pentingnya belajar bahasa Arab terutama untuk orang Indonesia. Tidak sekadar berguna untuk memperdalam ilmu agama, bahasa Arab ini juga berfungsi sebagai alat komunikasi untuk berdagang dan mengembangkan perekonomian. Selain itu, bahasa ini juga sangat membantu bagi orang yang datang untuk menunaikan ibadah haji atau umroh. Pasalnya, kerap kali terjadi salah paham karena penguasaan bahasa yang seadanya.

7. Bahasa Kanton.
Umumnya bahasa ini kerap digunakan di Hongkong. Namun orang-orang berbahasa kanton ini menyebar di berbagai belahan dunia dan kini tercata ada sekitar 70 juta penutur asli bahasa ini. Bahasa ini tentu saja menjadi salah satu bahasa yang penting dipelajari mengingat banyak orang dari mana saja termasuk Indonesia berkunjung ke Hongkong untuk menghabiskan waktu liburan dan berbelanja. Bahkan tidak sedikit juga yang memilih melanjutkan studi di negara ini.

8. Bahasa Rusia.
Siapa yang menyangka jika bahasa yang tampak rumit dengan bentuk huruf cyrillic-nya ini menjadi salah satu bahasa yang patut dipelajari di era modern ini. Meski masih banyak orang yang belum memiliki keberanian untuk menjamah negara yang merupakan pecahan Uni Soviet ini, kehidupan ekonominya berkembang dan menjadi salah satu negara eksportir yang tumbuh pesat. Tak hanya itu, dari segi pendidikan negara ini juga mulai menjadi sasaran mahasiswa yang ingin mengambil gelar master atau doktor.

9. Bahasa Jepang.
Sudah bukan rahasia jika, Jepang berhasil menarik perhatian orang di dunia termasuk Indonesia melalui bombardir budaya Jepang baik dari penyanyi Jepang, komik Jepang hingga tren berpakaian. Tentu tak puas hanya dengan tren berpakaian dan mengenal budaya saja, bahasa Jepang pun kemudian menjadi salah satu bahasa yang banyak diminati dan dipelajari. Terlepas dari tren dan budaya, bahasa Jepang ini dianggap penting karena perdagangan dan penelitian di Asia dipegang oleh negara sakura ini sehingga untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya tentu harus mampu menguasai bahasa Jepang.

10. Bahasa Portugis.
Bahasa portugis yang tidak hanya digunakan di Portugal tapi juga sebagian Amerika Latin ini mulai dilirik. Hal ini tentu saja berkaitan dengan salah satu negara Amerika Latin yaitu Brazil yang akan menggelar hajatan akbar Piala Dunia pada 2014 dan Olimpiade Musim Panas pada 2016. Tidak hanya itu, Brazil kini juga menjadi salah satu negara yang masuk dalam enam besar kondisi ekonomi baik di dunia.

Nah, siapa tahu diantara anda ada yang bercita-cita jadi diplomat, atau translater (di PBB), atau mau kuliah di Hubungan Internasional (HI), sangat pas mempersiapkan diri memilih beberapa bahasa asing di atas. Selamat belajar bahasa asing ya.

Referensi:
http://politik.kompasiana.com/2012/11/20/mengenal-enam-bahasa-resmi-pbb
http://edukasi.kompas.com

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Bahasa Resmi PBB atau Official Languages Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

6 comments:

  1. Menurut saya artikel tersebut sudah cukup lengkap karena sudah dilengkapi oleh alasan alasan kenapa PBB menggunakan bahasa bahasa tersebut sebagai bahasa resmi atau official languages. Artikel tersebut jg sudah dilengkapi tentang penjelasan bagaimana cara para delegasi negara dapat mengerti kata kata delegasi dari negara lain saat dalam konferensi. Dan didukung oleh Bahasa yang dianjurkan dipelajari bagi mereka yang ingin menjadi translator.
    (Mahatma Adi G)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kapan anda menguasai bahasa internasional minimal satu saja dulu.

      Delete
  2. Artikel nya sangat membantu, jadi selama ini saya gk sia sia belajar bahasa spanyol,stelah fasih berspanyol sepertinya belajar portugues akan menyenangkan apa lagi bahasanya cukup banyak kemiripan dg spanyol

    ReplyDelete
  3. Artikel yang menarik, jadi selama ini saya tidak sia sia belajar bhs spanyol, rncananya setelah fasih bersepanyol saya mau belajar portugues mengingat keduanya banyak sekali kemiripan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ¿Donde aprendiste español don areif? Soy rahman, follow me @ablehbleh spasiba, danke, grasias, thanks. ^_^

      Delete

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//