Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Friday, 22 March 2013

Kalimantan Utara, Provinsi Ke 34 diresmikan 15 April 2013

Rochimudin | Friday, 22 March 2013 | 16:53 |
Pulau Kalimantan
Masyarakat yang tergabung dalam Forum Peduli Kalimantan Utara (Kaltara) sudah tidak sabar agar pemerintahan Kalimantan Utara segera terbentuk. Pembentukan provinsi baru ini memiliki arti penting mengingat berbatasan langsung dengan Malaysia. Ada beberapa pertimbangan strategis alasan diusulkannya provinsi Kalimantan Utara ini yaitu:
1. Banyaknya kapal-kapal laut Malaysia yang hilir mudik di perbatasan dan kapal itu sering dikawal angkatan udara negaranya.
2. Banyaknya tenaga kerja asal Indonesia yang hampir setiap minggu diusir dari Sabah, Malaysia ke Nunukan, Kalimantan Timur. 
3. Penyelundupan di perbatasan pun semakin lama semakin rentan.
4. Perlunya penjagaan perbatasan yang maksimal.


Seperti diketahui, pada 25 Oktober 2012 lalu DPR secara resmi mengesahkan Kalimantan Utara sebagai provinsi baru di Indonesia. Kalimantan Utara merupakan pecahan dari Kalimantan Timur. Rencananya Bulungan akan menjadi ibu kota Kalimantan Utara.Kaltara disahkan sebagai provinsi baru ke-34 di Indonesia, dalam sidang paripurna DPR di Jakarta. Wilayah Kaltara mencakup lima kabupaten dan satu kota, yakni Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Bulungan, dan Kota Tarakan. Adapun ibu kota Kaltara nantinya adalah Tanjung Selor (Bulungan).

Jika nanti Kaltara jadi, maka wilayah Kaltim yang awalnya memiliki 14 daerah (10 kabupaten dan 4 kota), hanya akan memiliki 9 daerah (6 kabupaten dan 3 kota ). Sembilan daerah itu adalah kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Berau, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, dan Kota Bontang.

Fokus pembentukan provinsi ke-34 ini adalah membangun ketahanan di wilayah perbatasan. Selain itu, DPR juga berharap pemekaran ini dapat menghidupkan ekonomi masyarakat di wilayah itu yang selama ini dianggap tertinggal.

Fokus pembentukan provinsi ke-34 ini adalah membangun ketahanan di wilayah perbatasan. Selain itu, DPR juga berharap pemekaran ini dapat menghidupkan ekonomi masyarakat di wilayah itu yang selama ini dianggap tertinggal.

Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar mengatakan, pembentukan pemerintahan daerah baru di Kalimantan Utara penting untuk meningkatkan pelayanan publik dan ketahanan wilayah perbatasan. "'Bagaimana melindungi warga perbatasan kalau kontrol pemerintah terlalu jauh. Bagaimana bisa menyejahterakan kalau segala urusan mereka tidak bisa dilayani'' kata Agun.

Letaknya yang berbatasan langsung dengan Malaysia, membuat sebagian warga di sana memilih menyebrang ke Malaysia karena aksesnya yang lebih mudah. Warga lebih banyak membeli produk dari Malaysia. Bahkan di beberapa daerah perbatasan, mata uang Ringgit menjadi alat pembayaran sah dibandingkan Rupiah

Dia berharap, setelah pemerintahan Kalimantan Utara dibentuk, maka akan ada pusat pemerintahan baru di perbatasan yang seluruhnya itu akan terkontrol dan terkendali, baik di bidang pendidikan, kesehatan, dan pelayanan publik. "Sehingga akan ada pola kebijakan ekonomi dan kebijakan pembangunan yang mandiri," jelasnya.

Namun demikian, pembentukan pemerintahan tidak serta-merta langsung dilakukan. Merujuk pada UU Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara dan Lembaran Negara Nomor 229 Tahun 2012, pemilihan kepala daerah Kalimantan Utara baru akan dilakukan dua tahun mendatang. 

Peresmian dua daerah otonom baru, yakni Kabupaten Mahakam Hulu dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dijadwalkan pada pertengahan April 2013 di Jakarta. Selain peresmian, dilakukan juga pengangkatan pejabat pelaksananya. Demikian disampaikan Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Kamis (21/3/2013).

Ketika ditanya siapa pejabat pelaksana Bupati Mahakam Hulu dan pejabat pelaksana Gubernur Kaltara, Awang mengatakan belum tahu. "Siapa pejabatnya, itu merupakan kewenangan Presiden. Yang pasti, peresmiannya dijadwalkan 15 April di Jakarta," kata Awang.
Sejauh ini, Pemprov Kaltim baru mengusulkan satu nama untuk mengisi posisi pejabat Gubernur Kaltara, yakni Irianto Lambrie. Adapun Irianto sekarang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemprov Kaltim. 
Sumber berita:
http://news.okezone.com/read/2013/02/04/337/756468/masyarakat-desak-pemerintahan-kaltara-segera-dibentuk 
http://regional.kompas.com/read/2012/10/27/16284393/Pembentukan.Provinsi.Kalimantan.Utara.Disambut.Gembira
http://regional.kompas.com/read/2013/03/21/22052716/Kalimantan.Utara.dan.Mahakam.Hulu.Diresmikan.15.April

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Kalimantan Utara, Provinsi Ke 34 diresmikan 15 April 2013 Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

No comments:

Post a Comment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//