Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Thursday, 15 October 2015

Dukung Desainer Fashion Indonesia di FCC 2015

Rochimudin | Thursday, 15 October 2015 | 16:35 |
FCC 2015 (dok: nhccommunication.com)
"Fashion adalah dunia yang tidak berujung, dinamis dan mampu menembus batas".

Itulah ungkapan yang saya buat untuk menggambarkan dinamika dan budaya fashion yang tidak akan pernah sepi oleh kreativitas, event dan produksi. Ia tidak berujung yang artinya tidak akan pernah habis sebab setiap orang pada dasarnya suka dan merupakan kebutuhan setiap hari (needable).

Fashion mampu menembus batas antarbangsa, lapisan sosial, dan generasi. Pada dasarnya setiap orang suka dan mengenakan busana yang ia pilih sesuai dengan kebutuhan dan trend. Fashion dapat merekatkan hubungan silaturahmi dan pertemanan. Tanpa fashion, hidup akan terasa hampa dan sepi. Dengan fashion, gairah dan spirit di pompa setiap saat untuk tampil terbaik. Terbaik bagi diri, orang lain, dan lingkungan. Dan menjadi terbaik dalam desainer fashion akan diakui dan dipercaya apabila telah mampu bersaing dalam kompetisi global desain fashion.

Salah satu ajang menjadi yang terbaik dalam kompetisi global desain fashion Indonesia 2015 yaitu FCC 2015 atau Fashion Crowd Challenge. Ini merupakan ajang kompetisi fashion global yang memadukan konsep wisdom of the crowd yang mencerminkan trend fashion global yang melibatkan berbagai komponen seperti desainer, model, koreografer, pengamat fashion, penulis, dan blogger tentunya. Kompetisi fashion bertaraf internasional yang tidak apriori terhadap unsur-unsur lokal dan membantu mengembangkan trend global di Indonesia.

Oleh karena itu penulis menganggap penting untuk ditulis di blog hubungan internasional ini, selain memperkaya wawasan pembaca tentang fashion global berskala internasional juga menggugah partisipasinya dalam mendukung desainer fashion Indonesia berkompetisi di Fashion Crowd Challenge 2015.

Kompetisi global desain fashion 2015 ini terbuka bagi desainer-desainer muda dengan batas usia minimal 14 tahun baik lintas profesi dan kelompok. Yang terpenting mampu menghasilkan karya asli sendiri dan siap berkompetisi secara global. Desainer muda Indonesia perlu mengikuti kompetisi ini sebagai pengakuan akan karya kreasi terbaik yang bervisi go internasional. Kompetisi bukan terbatas pada busana saja namun juga pernak-perniknya asesorisnya seperti sepatu, tas, dan aksesoris lainnya.

Apa sajakah keuntungan desainer muda dan pemula mengikuti kompetisi ini?

1. Pengalaman
Pengalaman adalah guru yang terbaik bagi desainer muda. Ia akan belajar dari peserta lain dan para senior. Kreativitasnya akan bertambah dan yang penting juga jangan merasa hebat sebelum berkompetisi. Kompetisi akan memacu kreativitas dan rancangan terbaik. Sharing ide dan skill akan memperkaya fashion bukanya mengecilkan dunia fashion.

2. Membanggakan dan menumbuhkan kepercayaan diri.
Anda akan bangga telah berani tampil dengan rancangannya, apalagi bila menang akan memperoleh banyak hadiah dan mungkin sekali orderan atau pesanan.

3. Bertemu dengan rekan dan pecinta fashion.
Disini anda akan menemukan komunitas, penggemar bahkan konsumen. Beranilah tampil dan mengatakan inilah rancangan terbaik saya. Teman dan konsumen akan memberikan masukan yang berharga bagi perkembangan karir di dunia fashion. Semakin pengalamannya di bagikan maka semakin besar pula orang mengakui dan menghargai anda. Karya terbaik dan juara terbaik lahir dari masukan dan kritikan orang lain. Jadi jadikan kritik sebagai unsur yang akan memperkaya fashion Anda. Dengan kritikan anda akan menjadi besar dan hebat apabila dapat menjawab tantangannya.

4. Trendsetter
Sudah saatnya mengakhiri menjadi follower dan beralih menjadi trendsetter di Fashion Crowd Challenge 2015. Caranya dengan merancang karya kreatif terbaik secara original yang berangkat dari ide cerdas dan dibutuhkan oleh pecinta fashion.

5. Mengangkat brand lokal dan budaya Indonesia.
Merk lokal dan budaya daerah perlu dicoba dengan mengawinkannya menjadi desain yang baik dan diperkenalkan di kompetisi globlal. Rancangan lokal atau tradisional dapat menjadi sumber inspirasi bagi perancang-perancang Indonesia sebab bangsa kita kata akan tradisi dan budaya. Dengan mengangkatnya ke level yang tinggi maka akan mernagsang desain lainnya berlomba menghasilkan karya terbaiknya lagi dan lagi.


No comments:

Post a Comment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//