Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Tuesday, 23 July 2013

Menulis, Berbagi Informasi & Beramal melalui Blog

Rochimudin | Tuesday, 23 July 2013 | 23:01 |
Kalau ke perpustakaan ajaklah saya
Janganlah lupa buka katalog
Anda ingin pupuler di dunia maya
Sudah saatnya membuat BLOG
                                 
Magetan kota yang indah
Gunung Lawu berpuncak tinggi
Bila kencan ingin ceria dan mudah
Melalui Blog kita berbagi

Itulah pantun jenaka mengapa kita perlu membuat blog teman-teman. Kita bangsa Indonesia perlu menguasai jagat maya karena jumlah penduduk kita yang besar lebih dari dua ratus juta jiwa. So, kita akan jadi pemain, bukan penonton, apalagi nanti setelah ASEAN Economic Community 2015. Kita akan bergaul dan berbagi dengan orang dari seluruh negara ASEAN, maka dimanakah dan berapa jumlah blogger Indonesia? Masa kalah dengan negara tetangga? Enggak lah.

Setiap orang tentu memiliki cerita masing-masing yang alangkah indahnya apabila dapat dibaca oleh orang lain. Tentunya tidak semua cerita pribadi dapat dishare dengan orang lain. Menuangkan gagasan atau cerita ke dalam bentuk tulisan diperlukan ketelatenan, kesabaran dan keuletan, terlebih apabila akan dipublish ke media sosial khususnya. Menulis ini perlu dilandasi dengan niat. 

Setelah niat kita dapat membuat kerangka karangan atau berita. Namun pembaca jangan saklek seperti ini, asal menulis dulu tidak apa-apa, baru kemudian diedit dan siap dipublish.


E book: 3 Langkah Menjadi Seleb Blogger (dok: www.agussiswoyo.com)

Media menulis untuk curhat, membuat karya sastra seperti cerpen, puisi, syair, pantun, dan sebagainya dulu sering dilakukan dalam sebuah diary atau buku diary. Namun seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, menulis dapat dilakukan dengan blog atau weblog. Inilah awal mula konsep blog sebelum berkembang pesat ke berbagai bidang atau jenis blog.

Contoh blogger yang sudah sukses yaitu Raditya Dika dan Om Jay (Wijaya Kusumah). Siapa yang tidak mengenal Raditya Dika, seorang penulis, blogger yang sekarang sudah menulis banyak buku dan tampil di acara Stand Up Commedy. Om Jay dengan beragam tulisan dan blognya telah berkali-kali memenangi lomba blog.
Blog telah berkembang pesat lebih dari sekedar catatan pribadi atau diary. Blog telah menembus berbagai jenis bidang penulisan seperti politik, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan sebagainya. Sedangkan pemilik (admin) blog juga tidak sekedar perorangan atau pribadi lagi, komunitas dan instansi juga menggunakan media blog ini untuk memberikan informasi.  Disinilah kita mulai berbagi tulisan (cerita, karya sastra, pengalaman, dll), video (embed html dari situs penyedia video seperti youtube.com), materi presentasi (embed html dari situs penyedia tampilan presentasi seperti slideshare.net dan scribd.com), foto atau gambar, dan sebagainya.

Itulah proses berbagi dapat dilaksanakan. Selain itu kita dapat berinteraksi secara langsung dengan berkomentar di wall blog untuk merespon sebuah postingan artikel. Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi komunikasi, interaksi ini sudah tidak terbatas pada memberi komentar, namun juga dapat chatting (dengan membuat link dengan situs penyedia chat seperti shoutmix) dan menjawab soal secara langsung (e-learning). Inilah revolusi blog yang membuat para blogger semakin bersemangat untuk mengup date blog.

Jenis blog yang sudah ada atau sebagian besar untuk media informasi, pendidikan, promosi, dsb. Yang tidak kalah penting, blog dapat digunakan sebagai media untuk beramal kebajikan. Inspirasi beramal ini sering digunakan oleh blogger yang berjiwa sosial. Tulisan yang mengajak pada kebaikan pada blog yang berjenis atau tema sosial dan agama sangat sesuai. Hal inilah kita beramal dengan tulisan (konten blog). 

Kita dapat mendapatkan uang dari iklan yang dimuat di blog kita. Terlebih lagi apabila blog kita memiliki rating tinggi dan Search Engine Optimization yang kelompok teratas. Namun jangan lupakan beramal. Beramal dalam arti berwujud materi, blog dapat menjadi penyalur bagi para donatur yang akan memberi donasi pada lembaga-lembaga sosial, agama, kemanusiaan, dsb. Caranya dengan melalui posting biasa seperti donasi pembangunan tempat ibadah, bencana, kemanusiaan, dsb dengan kita mencantumkan nomor rekening. Cara yang lain adalah dengan iklan yang akan didonasikan kepada pihak tertentu. Disini kita perlu bantuan dengan membuka akun seperti di paypal.

Nah, bagaimana kawan-kawan? Apabila kita ingin mengoptimalkan blog kita dan mengkustomisasinya, tentu kita bisa. Selamat bagi para blogger untuk berkarya.

Empat kali empat sama dengan enambelas
Cobalah hitung dengan bersih
Sempat tidak sempat blog harus di update mas
Cukup sekian dan terima kasih

Backlink:
http://lerenglawu.com/
http://dishubkominfoblogcompetition.blogspot.com/
http://www.dishubkominfo.magetankab.go.id/

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Menulis, Berbagi Informasi & Beramal melalui Blog Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

3 comments:

  1. artikel ini sangat sangat bagus sekali :D (alifia)

    ReplyDelete
  2. artikel yang saat positif dan tentunya bermanfaat ,,,pertamax !(ramli)

    ReplyDelete
  3. artikelnya sangat berkualitas. TOP.

    ReplyDelete

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//