Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Friday, 1 June 2012

Kembalikan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Nasional

Rochimudin | Friday, 1 June 2012 | 11:51 |
JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan Pancasila dipandang perlu untuk kembali dimasukkan dalam kurikulum nasional demi mempersiapkan anak didik menjadi warga negara dewasa yang bertanggung jawab, aktif, dan berani berinisiatif, memperkokoh keberagaman, menegakkan kedaulatan rakyat, dan memperjuangkan keadilan sosial. Tapi, mesti dikawal bersama agar pendidikan Pancasila tidak menjadi alat hegemonik kekuasaan seperti yang terjadi pada masa orde baru.
Demikian pernyataan bersama Sekolah Tanpa batas dan Koalisi Pendidikan yang disampaikan di Jakarta, Jumat (1/6/2012), terkait peringatan hari lahir Pancasila yang jatuh hari ini. Aktivis Sekolah Tanpa Batas, Bambang Wisudo mengatakan, nilai-nilai Pancasila penting dimasukkan dalam kurikulum pendidikan dasar hingga tinggi.
"Konteks pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan jangan sekadar mengetahui dan menguasai materi saja, tapi harus pada melakukan dan mempraktikkan nilai ideologi tersebut," ucapnya.
Metode pembelajarannya, kata dia, juga harus mengedepankan dialog, pelibatan siswa, dan pemecahan masalah. Menurutnya, pendekatan pembelajaran tersebut sangat penting sebagai upaya untuk membangun kesadaran kritis anak didik dan masyarakat secara luas.
Selain itu, ia menyampaikan, seyogianya pelajaran nilai-nilai Pancasila terangkum dalam kurikulum yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain. Dengan demikian, mata pelajaran Pancasila tidak hanya menjadi tanggungjawab guru pengampu mata pelajaran tersebut, tapi juga semua guru.
"Guru pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan perlu diberdayakan bukan hanya memberikan pelatihan-pelatihan administratif dan metode mengajar, tetapi juga memperkuat otoritas profesional guru," pungkasnya.(dikutip dari www.kompas.com: 1/6/2012)

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Kembalikan Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Nasional Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

No comments:

Post a Comment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//