Selamat Ulang Tahun Ke-32 UT. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan.
“Bertambah usia, artinya berkuranglah jatah hidup ini. Tetapi itu tidak mengurangi eratnya pengabdian. Bahkan seiring berjalannya waktu, pengabdian dan dharma bakti Universitas Terbuka terasa semakin kokoh dan profesional. Semoga Tuhan memberi umur panjang yang penuh dengan manfaat dan kebaikan. Dirgahayu UT ke 32”.

Monday, 4 May 2015

Pernah Mendengar Negara Republik Liberland?

Rochimudin | Monday, 4 May 2015 | 21:42 |
Sekelompok orang memproklamasikan
Liberland (dok: reuters)
Negara kecil ini terletak di tepi Sungai Danube yang berada di antara Ceko dan Serbia. Wilayah Liberland telah lama menjadi wilayah sengketa perbatasan kedua negara selama puluhan tahun, dan karena itu, menurut Jedicka, wilayah tersebut menjadi sebuah ‘terra nullius’ atau wilayah tak bertuan.

Negara ini merupakan negara dengan luas wilayah yang sangat kecil, hanya sekitar 7 kilometer persegi, hanya sedikit lebih besar dibandingkan Monaco dan Vatikan. Negara kecil ini merupakan bagian dari wilayah Kroasia dan Serbia. 

Liberland dibentuk pada 13 April 2015. Negara ini mempunyai moto “untuk hidup dan terus hidup”. Presiden Jedicka tengah dalam proses penulisan undang-undang dasar Liberland. Undang-undang tersebut dirancang sesuai dengan nama negara tersebut dan secara signifikan membatasi kekuasaan para politisi sehingga mereka tidak bisa ikut campur dalam kebebasan di Liberland.

Wilayah negara Liberland
Negara Liberland merupakan negara yang akan mengetengahkan sebuah negara dengan orang-orang yang hidup sejahtera dan menjunjung kejujuran serta lepas dari sebuah pemerintahan yang otoriter dan bebas pajak. Belum ada keterangan jelas mengenai negara terbaru di dunia ini, tetapi menurut informasi, negara Liberland belum memiliki fasilitas seperti kantor pos atau kemiliteran dan belum ada bandar udara. Menurut informasi, negara ini sudah memiliki kriteria untuk layak disebut sebagai sebuah negara.

Profil Liberland

Jika Anda berminat untuk menjadi warga negara Liberland maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Menurut lamannya, Liberland saat ini menerima permohonan kewarganegaraan bagi para pemohon yang memenuhi syarat berikut.

  1. Tidak pernah terlibat tindak kejahatan atau kriminal dalam segi apapun
  2. Tidak ada kaitan dengan nazi, komunis, ekstrimis, dan aktivitas perlawanan lain
  3. Menghormati dan menjaga perbedaan antara etnis, agama, suku dan sikap yang berbeda
Saat ini sudah ada sekitar 20 ribu orang lebih mendaftarkan diri mereka untuk mendapatkan hak kewarganegaraan di negara terbaru di dunia ini. Kemungkinan, negara Liberland tidak akan menambah jumlah penduduknya hingga terlalu tinggi nantinya. karena setiap saat, pertambahan jumlah orang yang sedang melakukan registrasi terus meningkat. Motto negara Liberland adalah To Live and Let Live, Free Republic.

Website Liberland

Vit Jedlicka menyatakan bahwa pembentukan negara Liberland adalah merupakan hasil dari sebuah kekecewaan berkepanjangan yang dialami oleh mereka sebagai akibat tindakan pemerintah yang melakukan praktek-praktek menghisap rakyat marjinal lalu membagi-bagikannya pada kelas atas dengan mudahnya. Negara Liberland sudah dapat dikunjungi situs websitenya di Liberland.org.

Sumber bacaan:
http://www.indoberita.co.id/2015/04/negara-terbaru-dan-terkecil-kedua-di-dunia.html
http://news.okezone.com/read/2015/04/15/18/1134880/republik-liberland-negara-terbaru-di-eropa
http://internasional.kompas.com/read/2015/05/03/12065561/Liberland.Negara.Terkecil.dan.Terbaru.Diproklamasikan

No comments:

Post a Comment

    Enter your email address:

    Delivered by FeedBurner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
//